Comscore Tracker

Menara Pisa Ternyata Semakin Tegak Setiap Tahun, Peneliti Mengungkap

Sayangnya tidak memungkinkan untuk berdiri tegak 90 derajat

Tuscany, IDN Times - Bangunan menara Pisa yang dibangun pada abad pertengahan menjadi simbol kekuatan republik maritim Pisa dan menjadi salah satu keajaiban dunia karena menara tersebut berdiri miring ke satu sisi.

Banyak yang mengira bahwa menara yang mencapai ketinggian 57 meter tersebut akan semakin miring setiap tahunnya. Terutama ketika sisi menara Pisa yang dekat dengan tanah telah mencapai 4.5m dari tanah sehingga mengkhawatirkan keselamatan para turis yang mengunjungi menara tersebut.

Karena itulah Menara Pisa yang menjadi miring karena dibangun di atas tanah yang terlalu lunak terpaksa ditutup selama 11 tahun sejak Januari 1990.

1. Menara Pisa berdiri miring karena dibangun di atas tangan yang lunak

Menara Pisa Ternyata Semakin Tegak Setiap Tahun, Peneliti Mengungkapchinadaily.com.cn

Insinyur Roberto Cela, direktur teknis di OPA, memasang sejumlah tabung di bawah tanah pada bagian sisi yang miring dengan cara mengebor dan memindahkan tanah dengan berhati-hati. Proses yang dilakukan oleh Cela membuat menara Pisa kembali lurus sebanyak setengah derajat.

Namun, walaupun Menara Pisa yang dulunya dikhawatirkan akan kembali miring dan membahayakan para turis ternyata semakin lurus dan berdiri tegak sejak dibuka kembali.  Dosen teknik Nunziante Squeglia dari Universitas Pisa, yang mempelajari dan mengukur menara Pisa selama 25 tahun mengatakan bahwa pada tahun 2001 menara Pisa mengegakkan diri sebanyak 41 cm daripada sebelumnya dan 4 cm pada tahun setelahnya.

2. Ketiga pendulum digunakan untuk mengukur kemiringan Menara Pisa

Menara Pisa Ternyata Semakin Tegak Setiap Tahun, Peneliti Mengungkapeconomictimes.indiatimes.com

Para peneliti menggunakan ketiga pendulum yang telah ditanam dari tahun 1935 dan mata telanjang untuk memaham bagaimana bangunan dengan berat 14.500 dapat bergerak. Dalam pengukuran yang dilakukan setiap satu jam menara Pisa cenderung meluruskan dirinya pada saat musim panas.

Sayangnya menurut Cela menara Pisa tidak akan pernah lurus sepenuhnya. Terutama ketika mereka berusaha untuk melurusan Menara Pisa pada tahun 1990, mereka menambahkan batu di satu sisinya sehingga menyebabkan Menara Pisa memiliki bentuk seperti pisang.

3. Sayangnya tidak ada satupun turis yang menyadari semakin tegaknya Menara Pisa

Menara Pisa Ternyata Semakin Tegak Setiap Tahun, Peneliti Mengungkapleaningtowerpisa.com

Walaupun di mata peneliti dan profesor, terutama mereka yang ikut serta dalam proses penjagaan Menara Pisa, dapat melihat perubahan padanya, namun para turis yang telah beberapa kali mengunjungi tempat wisata tersebut tidak dapat melihat perbedaannya sekali pun.

Baca Juga: Demi Perdamaian, Italia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Damai Libya

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya