Takut Hidup Sendiri, Para Pria Tiongkok 'Beli' Istri Dari Luar Negeri

Akar permasalahan karena keputusan pemerintah dekade lalu

Tiongkok - IDN Times, dampak negatif akan keputusan pemerintah Tiongkok yang diambil dekade yang lalu untuk memiliki satu anak saja akhirnya dirasakan oleh masyarakatnya. Di negara dimana jumlah pria 33 juta lebih banyak dari wanita membuat para pria kesulitan mencari pasangan. Jumlah wanita dan pria di Tiongkok jauh dari kata seimbang walaupun pemerintah telah mengizinkan untuk memiliki dua anak pada tahun 2016.

Keputusan pemerintah untuk memiliki satu anak saja akhirnya terlihat dampaknya setelah satu dekade

Takut Hidup Sendiri, Para Pria Tiongkok 'Beli' Istri Dari Luar Negerichannelnewsasia.com

Dampak negatif ini juga dirasakan oleh Zhou Xinsen, pria Tiongkok berusia 41 tahun yang diliputi oleh rasa takut hidup sendian dan tekanan untuk menikah kembali setelah bercerai.  Karena itulah ia mencari solusi yang cepat dan terjangkau, yaitu mengambil istri dari negara asing. Ia menghabiskan hampir hampir 300 juta untuk seorang wanita Vietnam yang berusia 26 tahun.

"Bagi orang seusia saya, waktu dibeli dengan uang," katanya.

Sukses mendapatkan istri, Zhou membuka bisnis perjodohan bagi pria lajang Tiongkok yang sedang mencari istri. Para pria Tiongkok dapat melihat para wanita yang berusia 20-35 dari negara Kamboja, Laos, Vietnam dan Myanmar yang siap untuk menikah dengan membayar 255 juta rupiah.

Para pria dapat melihat para wanita dari luar negeri yang siap untuk dilamar

Takut Hidup Sendiri, Para Pria Tiongkok 'Beli' Istri Dari Luar Negerichannelnewsasia.com

Tidak hanya kesenjangan jumlah penduduk namun meningkatnya biaya mahar yaitu sebesar 320 juta hingga 425 juta rupiah bagi calon pengantin menjadi salah satu alasan lain pria lajang Tiongkok tidak berkeluarga. Sedangkan Zhou hanya perlu mengirimkan uang bulanan kepada keluarga istrinya di Vietnam sebesar 2.5 juta.

"Jumlah uang ini bukanlah apa-apa bagi kami, namun bagi mereka sangatlah berarti," tambah Zhou.

Meningkatnya jumlah wanita terutama mereka yang pindah dan tinggal di kota, mengundurkan waktu mereka untuk menikah karena sibuk bekerja, belajar dan menikmati kehidupan lajang membuat menurunnya populasi wanita di perdesaan Tiongkok.

Tingginya keuntungan yang diraup membuat meningkatnya jumlah calo dan penipuan

Takut Hidup Sendiri, Para Pria Tiongkok 'Beli' Istri Dari Luar Negeriscmp.com

Karena tingginya permintaan dan keuntungan yang diraup meningkatlah pula jumlah wanita dari luar negeri yang diculik, diperdaya dan dipaksa menikah dengan pria Tiongkok. Tahun lalu, polisi Tiongkok harus menyelamatkan wanita-wanita yang dipaksa untuk menikah dengan seorang pria di provinsi Henan, Anhui, Shandong, dan Jiangsu.

Tidak hanya pihak pembeli namun banyak juga penipuan yang dilakukan oleh para wanita yang telah bermigrasi ke Tiongkok. Seorang lelaki di Hubei ditinggalkan istri asal Vietnam setelah tiga bulan  bersama, ia kemudian menggugurkan bayi mereka dan berusaha untuk menjadi suami lain.

Semakin meningkatnya para calo dan penipu baik dari pembeli dan penjual membuat masyarakat resah dan mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan.

Baca Juga: Menpar Ingin Toko Tiongkok di Bali Buka Tahun Depan, Koster Tak Setuju

Nathasia Photo Verified Writer Nathasia

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya