Gunung Fuego Kembali Meletus, 25 Orang Dilaporkan Tewas

300 orang lainnya luka-luka

Guatemala City, IDN Times - Sebanyak 25 orang dilaporkan meninggal dunia saat Gunung Fuego yang berjarak 40 Km dari ibu kota Guatemala City, meletus untuk kedua kalinya, Minggu (3/6/2018).

Letusan gunung berapi itu memuntahkan lahar panas dan awan tebal setinggi 6 mil di angkasa. Badan penanggulangan bencana Pemerintah Guatemala, CONRED, menyebut, selain 25 orang kehilangan nyawa, lebih dari 300 orang lainnya luka-luka.

1. Tiga hari berkabung nasional

Gunung Fuego Kembali Meletus, 25 Orang Dilaporkan TewasUSA Post Click

Sseorang yang selamat, Consuelo Hernandez, menggambarkan kengerian yang terjadi selama letusan Gunung Fuego.

"Tidak semua orang lolos, saya pikir mereka terkubur (lava)," ungkap Consuelo Hernandez, seperti yang dikutip CNN, Senin (4/6/2018). "Kami melihat lava mengalir di ladang jagung dan kami berlari menuju bukit," lanjutnya.

Beberapa petugas pemadam kebakaran menangis ketika mereka meninggalkan tempat kejadian. Terkait bencana ini, Presiden Guatemala, Jimmy Morales menyatakan tiga hari berkabung nasional.

2. Segera dievakuasi

Gunung Fuego Kembali Meletus, 25 Orang Dilaporkan Tewasphys.org

Badan bencana Guatemala CONRED memerintahkan penduduk yang tinggal di dekat gunung berapi untuk segera mengungsi. Selain itu, beberapa negara bagian seperti Chimaltenango, Sacatepequez dan Escuintla diperingatkan untuk tetap waspada terhadap batu vulkanik dan abu.

"Sejak upaya penyelamatan dilakukan, terdapat lebih dari 3100 orang telah dievakuasi," kata Sergio García Cabañas, Direktur CONRED, kepada Time.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Guatemala, mengatakan sedikitnya 15 orang telah dirawat di rumah sakit. Termasuk 12 anak-anak. Beberapa di antaranya menderita luka bakar parah.

3. Masih akan ada letusan susulan

Gunung Fuego Kembali Meletus, 25 Orang Dilaporkan TewasStrange Sound

Institut Nasional Seismologi, Vulkanologi, Meteorologi dan Hidrologi Guatemala merilis, letusan abu Gunung Fuego tersebut ujungnya mencapai 14763 kaki.

Mereka juga memperingatkan akan ada letusan baru dan penduduk di daerah sekitarnya harus waspada terhadap lahar dan longsor yang mengandung material vulkanik. Abu vulkanik sendiri telah diketahui menyebar dalam radius 12 mil di sekitar gunung berapi, dan angin bisa membawa awan panas bahkan lebih jauh.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya