Tiga Pasien Terinfeksi Ebola di Republik Kongo Kabur dari Rumah Sakit

Peristiwa tersebut menambah berat upaya pencegahan wabah Ebola

Mbandaka, IDN Times - Tiga pasien yang terinfeksi virus Ebola dilaporkan telah kabur dari bangsal isolasi di sebuah rumah sakit di Kota Mbandaka, Republik Kongo, Rabu (23/5/2018) waktu setempat.

Peristiwa itu terjadi di tengah kesibukan petugas medis, yang berupaya menghentikan penyakit mematikan itu menyebar melalui di pelabuhan sungai yang sibuk.

Kasus pelarian tersebut merupakan sebuah kemunduran dalam upaya pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengendalikan virus. Termasuk penggunaan vaksin eksperimental.

1. Dua meninggal, satu masih hidup

Tiga Pasien Terinfeksi Ebola di Republik Kongo Kabur dari Rumah SakitMSF/Sylvain Cherkaoui

Reuters (23/5/2018) melaporkan,seorang sumber di Kementerian Kesehatan Republik Kongo yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan dua petugas kepolisian telah dikerahkan untuk membantu melacak tiga pasien yang kabur tersebut.

Pada hari yang sama, Mail Online mewartakan, juru bicara WHO di Republik Kongo, Eugene Kabambi mengatakan, ketiga pasien yang kabur tersebut telah ditemukan.

Kabambi merinci, dua pasien yang meninggalkan rumah sakit pada Senin (21/5/2018) malam, telah meninggal dunia pada hari berikutnya. Sementara satu orang lainnya, yang kabur pada hari Sabtu (19/5/2018) ditemukan masih hidup dan sekarang berada di bawah pengawasan.

2. Ini rumah sakit, bukan penjara

Tiga Pasien Terinfeksi Ebola di Republik Kongo Kabur dari Rumah SakitWho.int

Terkait pelarian tiga pasien yang terinfeksi virus Ebola tersebut, WHO dan Medecins Sans Frontieres (MSF) mengatakan, mereka tidak dapat memaksa pasien untuk tinggal di rumah sakit. Walau demikian, mereka berharap bahwa ada peningkatan kesadaran akan penyakit mematikan dan risikonya untuk mengikuti saran medis.

“Ini rumah sakit. Ini bukan penjara. Kami tidak bisa mengawasi semuanya,” kata Henry Gray, kepala misi MSF di Mbandaka, kepada Reuters.

3. Melacak kontak pasien dengan orang lain

Tiga Pasien Terinfeksi Ebola di Republik Kongo Kabur dari Rumah Sakitmsf-me.org

Sementara itu, laporan terakhir menyebut telah ada 27 korban meninggal akibat terinfeksi virus Ebola. Terkait hal ini, juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, mengatakan pekerja kesehatan telah melipatgandakan upaya untuk melacak kontak keluarga dengan pasien.

Petugas kesehatan telah menyusun daftar 628 orang yang telah memiliki kontak dengan pasien atau jenazah terinfeksi Ebola yang perlu divaksinasi.

"Beberapa minggu ke depan akan benar-benar diketahui apakah wabah ini akan meluas ke daerah perkotaan atau masih tetap di bawah kontrol," kata kepala tanggap darurat WHO, Peter Salama.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya