Tak Sengaja Berjogging Lintas Negara, Gadis Ini Ditahan 2 Pekan

Makanya, kalau tak tahu jalan jangan jauh-jauh dari rumah

British Columbia, IDN Times - Seorang gadis remaja yang pergi keluar rumah untuk berjoging santai di tepi pantai di Kanada, tiba-tiba ditahan oleh petugas Patroli Bea dan Perlindungan Perbatasan (US Customs and Border Protection) Amerika Serikat tanpa tahu penyebabnya, akhir bulan Mei lalu.

Adalah Cedella Roman nama gadis remaja itu. Ketika dirinya ditangkap, dia sedang mengambil foto pemandangan sekitar. Gadis berusia 19 tahun yang belakangan diketahui berkebangsaan Prancis ini, belakangan baru mengetahui dirinya telah diduga melintasi batas negara secara ilegal. Dia akhirnya harus rela ditahan selama dua pekan.

1. Tidak sengaja melanggar batas negara

Media Kanada, CBS News melaporkan, Cedella Roman yang berasal dari Prancis, tengah berlibur sekaligus sedang belajar bahasa Inggris di rumah ibunya di North Delta, British Columbia. Dia tidak mengetahui telah melanggar batas negara karena tidak ada tanda-tanda petunjuk sebagai peringatan.

"Seorang petugas menghentikan saya dan mulai mengatakan bahwa saya telah melintasi perbatasan secara ilegal," kata Roman kepada CBC News.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak melakukannya dengan sengaja, dan bahwa saya tidak mengerti apa yang sedang terjadi."

2. Mulai menangis

Tak Sengaja Berjogging Lintas Negara, Gadis Ini Ditahan 2 Pekan lejournal

Walau begitu, para petugas yang menangkap Cedella mengklaim dia telah secara ilegal memasuki wilayah AS di Blaine, Washington. Mereka kemudian memindahkannya hampir 125 mil ke selatan di Pusat Penahanan Barat Laut Tacoma (Tacoma Northwest Detention Center).

"Mereka menempatkan saya di dalam kendaraan dengan kurungan dan membawa saya ke fasilitas mereka," kata Roman.

"Mereka meminta saya untuk menyerahkan semua barang-barang pribadi saya dengan perhiasan saya, mereka mencari barang-barang saya di mana-mana. Kemudian saya mengerti itu menjadi sangat serius, dan saya mulai menangis."

3. Tidak pandang bulu

Tak Sengaja Berjogging Lintas Negara, Gadis Ini Ditahan 2 Pekan Petugas CBPWNPR

Cedella Roman akhirnya bisa menghubungi ibunya yang kemudian bergegas ke Pusat Penahanan Barat Laut Tacoma itu dengan membawa paspor dan izin belajar putrinya. Tetapi, dokumen yang dibawa sang ibu tidak cukup. Mereka diberitahu bahwa dokumen tersebut harus divalidasi oleh pihak berwenang Kanada terlebih dahulu.

Cedella Roman kemudian ditahan selama dua minggu, sebelum akhirnya petugas imigrasi di kedua sisi perbatasan memutuskan untuk mengizinkannya kembali ke Kanada.

"Ini berlaku terlepas dari apapun alasan dan klaim individu untuk secara tidak sengaja melintasi perbatasan," tegas juru bicara untuk Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS, seperti yang dikutip CNN.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya