Comscore Tracker

Tiongkok Sukses Gelar Uji Coba Kapal Induk Pertama Buatan Dalam Negeri

Kapal induk ini digadang-gadang menjadi yang paling mutakhir se-Asia

Beijing, IDN Times - Kapal induk pertama buatan Tiongkok akhirnya menyelesaikan uji coba laut perdananya, Jumat (18/5/2018) waktu setempat. Kapal induk dengan kode Type 001A seberat 65.000 ton itu digadang-gadang menjadi kapal induk paling canggih di benua Asia.

China Central Television seperti yang dikutip South China Morning Post melaporkan, beberapa jenis peralatan yang tersemat di Type 001A telah berhasil diuji coba. Kapal induk ini adalah salah satu upaya Tiongkok untuk memperkuat kekuatan militernya.

Sebelumnya, otoritas maritim di Provinsi Liaoning telah mengumumkan bahwa akses ke bagian-bagian Bohai dan Laut Kuning akan dibatasi karena adanya kegiatan militer hingga 25 Mei. Hal ini menunjukkan adanya indikasi bahwa akan ada lebih banyak tes pada kapal induk Type 001A.

1. Menguji sistem propulsi

Tiongkok Sukses Gelar Uji Coba Kapal Induk Pertama Buatan Dalam NegeriSouth China Morning Post

Kantor berita negara Tiongkok Xinhua merilis, tujuan utama dari uji coba adalah untuk menguji sistem propulsi yang dikembangkan oleh para teknisi dalam negeri.

"Insinyur dari Dalian Shipbuilding Industry Corporation dan PLA Navy sekarang akan menilai hasil uji coba laut pertama," kata Song Zhongping, seorang ahli militer yang berbasis di Hong Kong, kutip South China Morning Post.

Song menambahkan bahwa percobaan kedua akan fokus pada sejumlah sistem, termasuk sistem elektronik dan radar. Pengujian berikutnya akan melibatkan tes yang jauh lebih rinci.

2. Kapal induk kedua

Tiongkok Sukses Gelar Uji Coba Kapal Induk Pertama Buatan Dalam NegeriKapal induk pertama Tiongkok Liaoning | Xinhua/Qin Qing

Type 001A adalah kapal induk bertenaga konvensional kedua yang dimiliki Tiongkok. Kapal induk yang pertama, Liaoning, adalah kapal kelas Soviet Kuznetsov yang dibawa dari Ukraina pada tahun 1998 dan mulai beroperasi pada tahun 2012.

Sebagai bagian dari tujuannya untuk mencapai militer kelas dunia pada tahun 2050, Beijing telah secara bertahap meningkatkan upaya untuk meningkatkan kekuatan militernya.

3. Menggeser AS sebagai kekuatan militer laut terbesar di Asia

Tiongkok Sukses Gelar Uji Coba Kapal Induk Pertama Buatan Dalam NegeriParade militer laut Tiongkok | Xinhua

Terkait kekuatan militer, media Inggris Independent (18/5/2018) melaporkan, pembangunan kapal induk buatan dalam negeri Tiongkok itu merupakan niat mereka untuk menggeser Amerika Serikat sebagai kekuatan angkatan laut terbesar di Asia dalam jumlah kapal perang.

Beijing sendiri mengatakan, kapal induk yang sedang mereka bangun, memiliki tujuan untuk melindungi wilayah perairan negara dan rute perdagangan. Selain itu, juga untuk memperkuat klaim mereka atas Taiwan dan Laut Cina Selatan.

4. Sedang membangun kapal induk ketiga

Tiongkok Sukses Gelar Uji Coba Kapal Induk Pertama Buatan Dalam NegeriUSS Gerald R Ford | Wikipedia.org

Tiongkok saat ini juga tengah membangun kapal induk ketiga atau kedua buatan sendiri yang akan jauh lebih maju secara teknologi dari dua kapal induk lainnya.

Kecanggihan itu termasuk penggunaan sistem peluncuran pesawat elektromagnetik yang telah digunakan pada kapal induk terbaru Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Gerald R Ford.

Dian Farida Hanum Photo Verified Writer Dian Farida Hanum

Bismillah...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya