Hilang 18 Hari, Pria Australia Bertahan Hidup dengan Jamur

Ia memakan jamur dan meminum air bendungan agar tetap hidup

Kilkivan, IDN Times - Seorang pria berusia 58 tahun di Australia telah ditemukan dengan keadaan sehat setelah dikabarkan menghilang selama 18 hari. Ia berhasil bertahan hidup dengan mengonsumsi jamur liar, air bendungan, dan tidur di tanah.

Pihak Australia telah mengupayakan pencarian namun gagal. Pria bernama Robert Weber akhirnya ditemukan oleh seorang anggota parlemen Queensland pada hari Minggu pagi (24/01) di dekat bendungan.

1. Berawal dari mobil yang mogok

Hilang 18 Hari, Pria Australia Bertahan Hidup dengan JamurIlustrasi jamur liar. pexels.com/Christine Renard

Melansir dari WION, Weber, terakhir terlihat pada 6 Januari ketika pergi bersama anjing miliknya meninggalkan hotel di kota Kilkivan, yang terletak 170 kilometer barat laut dari kota Brisbane. Ia pergi mengendarai sedan putih Ford Falcon tipe 2000. Polisi mengatakan bahwa Weber telah berencana berkendara sejauh 410 kilometer ke Dululu, dan seharusnya tiba di sana sehari setelah Weber dinyatakan menghilang.

Namun, ia justru mengalami masalah dalam perjalanan, mobilnya terjebak lumpur di jalanan pertanian. Weber dan anjingnya sempat bertahan sekitar tiga hari di dalam mobil dengan botol berisi dua liter air. Akan tetapi, karena persediaan air habis dan ia tetap merasa dehidrasi, Weber pun keluar dari mobil dan berjalan kaki. Lantaran keluar saat petang, Weber akhirnya tersesat.

"Dia pergi berjalan kaki dan tersesat, dan tetap berada di sebuah bendungan. Di sana dia bertahan dengan tidur di tanah, meminum air bendungan, dan memakan jamur," ujar polisi setempat dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Brisbane Times

2. Australia mengerahkan upaya pencarian

Hilang 18 Hari, Pria Australia Bertahan Hidup dengan JamurPara relawan dan masyarakat setempat ikut terjun dalam pencarian Weber. Ilustrasi via unsplash.com/ryan gukert

Setelah dikabarkan hilang, Australia kemudian melancarkan upaya pencarian. Pencarian secara meluas dikerahkan baik dengan jalur udara maupun jalur darat. Petugas polisi, para relawan Layanan Darurat Negara, serta anggota masyarakat terjun langsung dalam waktu satu minggu mencari Weber di semak-semak lebat, sungai, bendungan, dan medan curam selama kondisi basah di daerah Kilkivan.

Namun, karena tak kunjung menemukan keberadaan si pria itu, pencarian terpaksa ditangguhkan pada 20 Januari. Meski begitu, warga diimbau tetap waspada terhadap Weber. 

Baca Juga: Hilang 3 Hari, Petani Tuban Ditemukan Terapung di Sungai

3. Weber ditemukan seorang anggota parlemen Queensland

Hilang 18 Hari, Pria Australia Bertahan Hidup dengan JamurIlustrasi bendungan. pexels.com/Yogendra Singh

Untungnya, pada hari Minggu (24/01) sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat, seorang anggota parlemen Queensland, Gympie Tony Perret menemukan Weber di dekat bendungan tempat propertinya itu, setelah dua jam ia mencari paddock yang berdekatan. Lokasi Weber ditemukan berjarak sekitar tiga kilometer dari tempat mobil Weber macet di sepanjang Jalan Mudlo.

"(Kami) baru saja tiba di puncak bukit dan ada Robert di bawah pohon, dekat dengan bendungan air, dengan panik melambai ke arah kami," kata Perret kepada ABC Radio Brisbane. "Kami telah melewati bendungan ini beberapa kali dalam seminggu terakhir, dan ketika kami melihatnya di sana, itu sangat luar biasa," tambahnya, seperti dikutip dari BBC.

Weber kemudian dibawa ke rumah sakit karena terkontaminasi 'unsur-unsur', sebaliknya dia dalam keadaan sehat dan aman. Sementara ini, anjing peliharaan si pria itu belum berhasil ditemukan. 

Baca Juga: Hilang 3 Hari, Petani Tuban Ditemukan Terapung di Sungai

Dianti A Photo Verified Writer Dianti A

Umbi bertumbuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya