Comscore Tracker

Kebun Binatang New York Sambut Lahirnya Bayi Kanguru Putih Langka

Kebun binatang mengumumkan bayi kanguru bernama Cosmo

New York, IDN Times - Animal Adventure Park yang terletak di New York bagian utara sedang bergembira menyambut kelahiran bayi kanguru putih, yang bergabung menjadi bagian dari penghuni taman. Pihak taman juga dibuat terkejut lantaran kondisi langka yang dialami si bayi kanguru bernama Cosmo.

1. Cosmo lahir seukuran ibu jari

Kebun Binatang New York Sambut Lahirnya Bayi Kanguru Putih LangkaIlustrasi bayi kanguru dalam kantong si induk. pexels.com/Ethan Brooke

Dilansir dari New York Post, pejabat kebun binatang di Harpursville mengatakan Cosmo si bayi kanguru lahir seukuran ibu jari, lima bulan yang lalu. Si bayi kemudian dibiarkan hidup tersembunyi di balik kantong induknya selama berbulan-bulan hingga ia bisa dikeluarkan dengan aman oleh penjaga kebun binatang.

Setelah empat hingga lima bulan pengasuhan dan pertumbuhan di dalam kantong si ibu, penjaga kebun binatang dapat dengan aman melakukan "tarikan" pertama, mengeluarkan si bayi dari kantong ibunya untuk menjalani pemeriksaan lengkap dan tinjauan medis, pada 15 Januari lalu. Kini, Cosmo sudah dikembalikan lagi ke dalam kantong ibunya.

2. Cosmo lahir dengan kondisi leucisme

Kebun Binatang New York Sambut Lahirnya Bayi Kanguru Putih LangkaKanguru albino, warna bola matanya tidak hitam seperti Cosmo. pixabay.com/995645

Cosmo, bayi binatang terbaru yang ada di Animal Adventure Park, lahir dengan leucisme, kondisi yang sangat langka yang menyebabkan hilangnya sebagian pigmentasi pada kulit dan bulu hewan. Namun berbeda dengan albinisme, leucisme tidak menyebabkan hilangnya pigmentasi pada mata. 

Melansir dari Times Union, bayi kanguru Cosmo memiliki bulu berwarna putih, sedangkan pigmentasi matanya berwarna hitam. Hal ini mendorong pakar perawatan hewan di taman itu mempertimbangkan kanguru ini tergolong dalam leucistic, bukan albino.

Orang tua Cosmo, Rosie dan Boomer, keduanya termasuk dalam spesies kanguru merah, jenis kanguru terbesar. Pihak kebun binatang mengatakan, kombinasi genetik dari kedua orang tuanya lah yang menghasilkan warna Cosmo begitu mengejutkan. 

Baca Juga: Selain Kanguru dan Koala, 5 Hewan Ini Juga Endemik Negara Australia

3. Kelahiran bayi kanguru putih yang sangat langka

Jordan Patch, pemilik Animal Adventure Park mengungkapkan keterkejutannya atas kelahiran Cosmo. "Segera ketika kami melihat bahwa dia berkulit putih, itu luar biasa. Tetapi ketika kami mencoba lebih dekat dan melihat mata hitam, kami ternganga. Saat itu juga kami mengetahui bahwa kami telah memiliki sesuatu yang belum pernah kami lihat sepanjang karir kami," kata Jordan Patch, seperti dilansir dari CNN.

"Kami tidak mengetahui adanya kanguru merah leucistic di Amerika Serikat. Hal itu menunjukkan betapa langkanya peristiwa ini!" ungkap Patch. "Kami sekarang bekerja dengan para profesional di komunitas zoologi untuk menentukan betapa uniknya berkat yang dimiliki si kecil ini!" tambahnya. 

Animal Adventure Park terletak di Harpursville, yang berjarak kira-kira 15 menit dari luar Binghamton. Lebih dari 100 spesies hewan tinggal di taman tersebut. Sebelum kelahiran Cosmo, Animal Adventure Park telah merilis pada media penghuni paling terkenal bernama April, seekor jerapah yang disiarkan secara langsung kehamilan dan kelahirannya pada 2017. Kini dengan hadirnya si bayi Cosmo, akan menambah daftar hewan yang terkenal di taman itu.

Baca Juga: 5 Fakta Pulau Kanguru, Pulau Kecil dengan Beragam Destinasi Wisata

Dianti A Photo Verified Writer Dianti A

Umbi bertumbuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya