Virus Corona Belum Hilang, Flu Burung Kembali Serang Tiongkok

Belum ada indikasi menular pada manusia

Jakarta, IDN Times - Belum reda terkait virus corona yang semakin mewabah, Tiongkok kembali digegerkan dengan temuan virus lain, yakni H5N1 atau lebih populer disebut flu burung, di Provinsi Hunan, Tiongkok.

“Wabah terjadi di sebuah peternakan di distrik Shuangqing di kota Shaoyang. Peternakan memiliki 7.850 ayam, dan 4.500 ayam telah mati karena penularan. Pemerintah setempat telah memusnahkan 17.828 unggas setelah wabah," kata Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan Tiongkok, seperti dikutip dari South China Morning Post, Sabtu (2/1).

1. Belum ada indikasi kasus pada manusia

Virus Corona Belum Hilang, Flu Burung Kembali Serang Tiongkokunsplash.com/William Moreland

Semenjak laporan flu burung muncul, belum ada korban jiwa dan indikasi kasus terjadi pada manusia. Sejauh ini, wabah flu burung dilaporkan hanya menjangkit hewan unggas.

Baca Juga: Tiba di Batam, Seluruh WNI dari Wuhan Dipastikan Negatif Virus Corona

2. Bukan kali pertama wabah flu burung di Tiongkok

Virus Corona Belum Hilang, Flu Burung Kembali Serang Tiongkokscmp.com

Wabah flu burung saat ini, bukan pertama kalinya ada di Tiongkok. Virus ini pertama kali muncul di Tiongkok pada 1996. Virus pertama kali terindikasi pada angsa dan sangat mematikan bagi unggas.

Virus H5N1 atau flu burung menyebabkan penyakit pernafasan yang parah pada burung dan dapat menular ke manusia. 

Baca Juga: Sudah 304 Orang Meninggal Akibat Virus Corona

3. Pemerintah Tiongkok sedang perangi virus corona

Virus Corona Belum Hilang, Flu Burung Kembali Serang TiongkokAnggota paramiliter menggunakan masker saat berjaga di Gerbang Tiananmen, saat sejumlah wilayah dilanda wabah virus korona baru, di Beijing, Tiongkok, pada 27 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Sampai saat ini, Pemerintah Tiongkok sedang memerangi wabah virus corona yang semakin meluas. Total, ada 14.562 orang yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia dan virus ini tercatat telah menewaskan total 305 korban jiwa di seluruh dunia.

Baca Juga: Virus Corona Diprediksi Sebabkan Perekonomian Global Tertekan

Virus Corona Belum Hilang, Flu Burung Kembali Serang TiongkokCara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Beda Gejala Virus Corona, Influenza dan Flu Biasa, Penting Diketahui

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya