Baru Saja Sembuh, Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19 Lagi

Joe Biden tidak mengalami gejala 

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden kembali dinyatakan positif COVID-19 pada Sabtu (30/7/2022). Padahal orang nomor satu di Amerika ini baru dinyatakan negatif setelah beberapa hari isolasi di Gedung Putih, pada Rabu (27/7/2022).

Dokter Gedung Putih, Dr Kevin O’Connor, mengatakan Biden tidak memiliki gejala apa pun pada infeksi COVID-19 keduanya.

“Presiden tidak mengalami gejala yang muncul kembali dan terus merasa cukup baik. Karena itu, tidak ada alasan untuk memulai kembali perawatan saat ini, tapi kami jelas akan melanjutkan pengamatan yang cermat,” tulis O’Connor dalam memorandum yang dirilis Gedung Putih dikutip IDN Times, Minggu (31/7/2022).

1. Biden lakukan isolasi ketat

Baru Saja Sembuh, Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19 LagiPresiden AS Joe Biden sedang berjalan ke Kantor Kepresidenan AS yakni Oval Office, Gedung Putih. (Facebook.com/President Joe Biden)

O'Connor mengatakan saat ini Biden kembali melakukan isolasi dengan prosedur yang ketat.

“Seperti yang telah saya nyatakan sebelumnya, Presiden terus secara khusus berhati-hati untuk melindungi Kediaman Eksekutif, Gedung Putih, Dinas Rahasia, dan staf lain yang tugasnya membutuhkan kedekatan (walaupun jarak sosial) dengannya,” kata O'Connor

Baca Juga: Terinfeksi COVID-19 Gejala Ringan, Joe Biden: Saya Baik-baik Saja!

2. Biden lakukan booster dua kali

Baru Saja Sembuh, Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19 LagiPresiden AS Joe Biden (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Sebelumnya Joe Biden, dinyatakan negatif COVID-19 pada Rabu (27/7/2022) pagi waktu setempat. Biden akhirnya sembuh dari COVID-19 setelah menjalani isolasi hampir sepekan.Biden dinyatakan positif COVID-19 pada Kamis, (21/7/2022) lalu.

 Biden telah divaksinasi penuh (dosis 1 dan 2). Dia juga telah melakukan vaksinasi booster dua kali.

Selama terpapar COVID-19, Biden menjalankan isolasi di Gedung Putih. Meski begitu, dia tetap melaksanakan pertemuan dan memberikan arahan-arahan secara virtual.

Baca Juga: Pesan Xi Jinping kepada Joe Biden: Jangan Bermain Api di Taiwan

3. Biden imbau masyarakat memakai masker

Baru Saja Sembuh, Presiden AS Joe Biden Positif COVID-19 LagiPresiden Amerika Serikat Joe Biden di East Las Vegas Community Center di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Jumat (9/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Biden mengatakan COVID-19 varian BA lebih menular. Meski gelajanya tak parah, namun dia menyarankan masyarakat memakai masker di dalam ruangan saat ramai, demi menghindari virus tersebut.

"Sayangnya, COVID-19 ini masih bersama kita. Tetapi perjuangan kita melawan COVID membuat perbedaan besar," kata Biden dilansir NPR, Kamis (28/7/2022).

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya