Taiwan Negara Tertinggi Kedua Minimarket, Rasakan Sensasi dan Bedanya

Minimarket ada di berbagai jalan dan gang

Jakarta, IDN Times - Keberadaan minimarket saat ini seolah sudah jadi kebutuhan di berbagai belahan dunia, termasuk di Taiwan. Berdasarkan siaran tertulis dari Taipei Economic and Trade Offic, menurut statistik terbaru, terdapat 11.429 minimarket di negara ini.

Bahkan, kepadatan minimarket di Taiwan berada di posisi tertinggi kedua di dunia setelah Korea Selatan, dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Jika berada di Taiwan, Anda bisa merasakan minimarket di kota-kota besar, setiap jalan dan gang, bahkan ada minimarket dengan brand toko yang berbeda berdiri berdampingan satu sama lain.

Minimarket bisa ditemukan di mana-mana di Taiwan, baik di daerah pegunungan setinggi 2.000 meter atau di pedesaan, lain! Mengapa masyarakat negara ini sangat menyukai minimarket?

1. Minimarket telah menciptakan lingkungan belanja yang bersih dan cerah

Taiwan Negara Tertinggi Kedua Minimarket, Rasakan Sensasi dan BedanyaIlustrasi Minimarket di Taiwan (Foto: Morris C via TETO)

Minimarket telah menciptakan lingkungan belanja yang bersih dan cerah, sehingga konsumen merasa segar dan nyaman, saat memasuki supermarket. Selain itu, jenis barang di minimarket berubah dengan cepat, untuk memenuhi kebutuhan konsumen Taiwan yang menginginkan inovasi dan perubahan.

Area minuman dingin minimarket hampir setiap bulan memiliki minuman baru di rak, dan bahkan orang masuk ke minimarket hanya untuk mencoba minuman atau makanan ringan yang baru. Selain itu, minimarket juga menjual produk kebersihan, alat tulis, obat-obatan sederhana, mainan, koran, dan majalah.

Baca Juga: Taiwan Sebut Tiongkok Ingin Jadikan Mereka The Next Hong Kong

2. Produk siap saji jadi keunggulan minimarket Taiwan

Taiwan Negara Tertinggi Kedua Minimarket, Rasakan Sensasi dan BedanyaIlustrasi Minimarket di Taiwan (Foto: Ming via TETO)

Selain itu, produk siap saji adalah keunggulan minimarket di Taiwan. Biasanya, hampir di setiap minimarket terdapat hotspot telur teh, mesin panggangan, hingga microwave. Makanan disediakan di lemari es dan tinggal dipanaskan, mulai dari nasi, mi, bakmi, hingga ubi dan hot dog.

Minimarket di Taiwan juga menyediakan berbagai produk jasa untuk meningkatkan kedekatan dengan masyarakat. Misalnya, dengan menitipkan kiriman paket pada siang hari, karena orang-orang Taiwan bekerja, sehingga mereka yang pulang kerja bisa terlebih dulu mampir ke minimarket.

Yang lebih menarik lagi, ada minimarket yang menyiapkan layanan di luar umumnya seperti area kecantikan, gymnasium, area roti yang dipanggang langsung di tempat, hingga toko buku. Bahkan, ada minimarket yang memiliki area membaca untuk anak, dan karyawan minimarket akan menceritakan kisah kepada anak-anak pelanggan.

Minimarket di negara dengan julukan Naga Kecil Asia itu juga meluncurkan tema produk edisi terbatas, seperti es krim cone rasa susu segar Hokkaido dan rasa matcha Shizuoka dalam jumlah terbatas musiman, yang membuat antrean panjang orang untuk membeli.

3. Berbagai promosi gencar dilakukan

Taiwan Negara Tertinggi Kedua Minimarket, Rasakan Sensasi dan BedanyaPengunjung sedang memilih makanan microwave di minimarket Taiwan. (Foto: Ethan Tsai via TETO)

Untuk menarik konsumen masuk ke dalam minimarket, para pebisnis Taiwan berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi. Pada musim panas, Anda dapat membeli dua minuman hanya dengan 1 dolar NT atau sekitar Rp500, atau membeli dua kaleng minuman dapat mengambil undian di kasir. Hadiahnya dari diskon 20 hingga 90 persen dari jumlah pembayaran.

Seperti di Indonesia, minimarket di Taiwan juga sering mengadakan kegiatan doorprize berdasarkan akumulasi poin. Misalnya, untuk setiap pembelanjaan 40 dolar NT atau Rp20 ribu akan mendapatkan stiker kecil "satu poin". Stiker tersebut dikumpulkan dalam jumlah tertentu, hingga dapat ditukar dengan miniatur mobil balap atau mug dan tas bergambar kartun.

4. Dekorasi toko harus sering diubah sesuai dengan festival yang berbeda

Taiwan Negara Tertinggi Kedua Minimarket, Rasakan Sensasi dan BedanyaIlustrasi Minimarket di Taiwan (Foto: Morris C via TETO)

Minimarket Taiwan juga sangat ahli dalam menggabungkan acara festival dan pedagang terkenal untuk meluncurkan produk khusus, seperti hidangan restoran bintang lima saat Tahun Baru Imlek, kado coklat di Hari Valentine, bak cang di Festival Perahu Naga, kotak kue bulan di Festival Pertengahan Musim Gugur.

Dekorasi toko harus sering diubah sesuai dengan festival yang berbeda, agar konsumen merasa penuh dengan suasana festival yang kental.

Masyarakat Taiwan tidak dapat dipisahkan dari minimarket. Justru karena jumlah dan kepadatan minimarket yang sangat tinggi di Taiwan, mereka juga telah berkontribusi dalam mencegah pandemik COVID-19. Orang-orang di Taiwan dapat membeli masker medis.

Minimarket di Indonesia juga banyak sekali, silakan berkunjung ke Taiwan dan rasakan perbedaan minimarket Taiwan dan Indonesia.

Baca Juga: Resep Ayam Crispy Taiwan ala Yummy App yang Simpel dan Bikin Nagih 

Topik:

  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya