Menjelang Pelantikan, Joe Biden: Ini Hari Baru di Amerika

Donald Trump telah meninggalkan Gedung Putih

Jakarta, IDN Times - Beberapa jam sebelum pelantikan, presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden mengunggah cuitan di Twitter.

"Ini hari baru di Amerika," demikian cuitan singkat Biden di akun Twiter resminya, @Joebiden, Rabu (21/1/2021).

Sampai pukul 20.40 WIB cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak 153,5 ribu kali dan mendapatkan 31,5 ribu komentar.

Sebelumnya, pada Rabu pagi waktu setempat, Biden beserta istri menghadiri kebaktian di Cathedral of St Matthew the Apostle, Washington. Biden dan istrinya terlihat mengenakan jas berwarna biru tua, lengkap dengan maskernya.

1. Pelantikan digelar di Gedung Capitol AS

Menjelang Pelantikan, Joe Biden: Ini Hari Baru di AmerikaUnited States Capitol (Website/nps.gov/places/us-capitol.htm)

Upacara pelantikan Biden dan wakilnya, yakni Kamala Harris, akan berlangsung di depan Gedung Capitol AS. Gedung ini pernah digeruduk para pendukung Trump pada 6 Januari lalu. Joe Biden akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS. Saat ini usianya 78 tahun, 

2. Pelantikan digelar lebih sederhana

Menjelang Pelantikan, Joe Biden: Ini Hari Baru di AmerikaPresiden terpilih AS Joe Biden dan Kamala Haris (Twitter.com/JoeBiden)

Pelantikannya Joe Biden akan digelar secara sederhana. Sebab, selain karena pandemik virus corona yang masih menjadi ancaman serius di Amerika Serikat, juga lantaran masalah keamanan usai Gedung Capitol diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari.

3. Donald Trump meninggalkan Gedung Putih

Menjelang Pelantikan, Joe Biden: Ini Hari Baru di AmerikaBarron Trump, putra Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump, berjalan disamping orangtuanya dari Ruang Oval menuju Marine One di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, pada 26 November 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner

Sementara itu Donald Trump dilaporkan telah meninggalkan Gedung Putih beberapa jam sebelum pelantikan Biden. Trump terlihat terbang dengan helikopter kepresidenan menuju Pangkalan Angkatan Udara Gabungan Andrews.

Baca Juga: 5 Fakta Joe Biden, dari Senator Termuda hingga Jadi Presiden AS

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya