4 Fakta Badai Dingin Ekstrim yang Terjang Texas

Salah satu akibat perubahan iklim

Texas, IDN Times - Sejak Senin (15/2) lalu, setidaknya 25 negara bagian Amerika Serikat diselimuti salju tebal. Beberapa di antaranya adalah wilayah-wilayah yang selama ini dikenal cukup hangat. Parahnya pada Kamis (18/2) waktu setempat, badai memutus pasokan listrik di negara bagian Texas. Salju yang tadinya disambut sukacita berubah menjadi malapetaka.

1. Badai Uri menerjang bagian Selatan Amerika Serikat sejak pertengahan Februari 

Kejadian ini adalah anomali cuaca mengingat wilayah Selatan Amerika Serikat dikenal beriklim sedang, cukup hangat, dan tidak pernah mengalami musim dingin separah ini. Tak heran jika banyak warga yang tak menduga kedatangan badai dingin di wilayah pemukiman mereka. 

2. Badai dingin menyebabkan listrik mati dan berdampak pada jutaan warga 

4 Fakta Badai Dingin Ekstrim yang Terjang TexasWarga membersihkan salju yang menutupi jalanan di negara bagian Texas. Instagram.com/nytimes

Dilansir Vox, tercatat suhu di Texas pada Selasa (16/2) mencapai minus delapan belas derajat Celcius. Kini suhu sudah membaik, berada di kisaran minus 3 derajat Celcius pada (18/2). Cuaca yang ekstrim membuat beberapa suplai energi terhenti, tetapi permintaan akan listrik meningkat, mengingat warga mulai menggunakan pemanas ruangan dan air. 

Hal ini kemudian memicu selisih antara permintaan dan ketersediaan energi, menyebabkan listrik mati total dan mengancam keberlangsungan hidup jutaan orang. Dilansir dari Insider, kondisi krisis dimanfaatkan sekelompok orang konservatif yang menganggap penggunaan  energi terbarukan membuat pasokan energi berkurang. Namun, pemerintah setempat segera menepis kabar bohong tersebut dan berjanji menyelesaikan masalah ini secepatnya. 

Tak sampai di situ, ancaman habisnya pasokan air juga melanda Texas karena pipa yang beku dan pompa listrik yang masih mati. Warga Amerika Serikat di negara bagian lain melakukan aksi solidaritas dengan mengajak sesama untuk berhemat listrik.

3. Puluhan orang dinyatakan meninggal karena bencana ini  

4 Fakta Badai Dingin Ekstrim yang Terjang TexasWarga mengungsi di mobil karena listrik padam di Texas. Instagram.com/nytimes

Matinya listrik terjadi sejak Rabu dan sampai Kamis (18/2) jutaan warga masih harus tinggal dalam kegelapan dan cuaca dingin yang menusuk. Tercatat puluhan orang meninggal selama krisis ini. Tak hanya karena kedinginan, beberapa tewas karena kebakaran dan sejumlah lainnya mengalami kecelakaan karena jalanan yang licin. 

Menurut The Washington Post, sejumlah warga sampai rela tidur di dalam mobil hingga membakar barang mereka untuk membuat api unggun guna menghangatkan diri.

Baca Juga: Kedinginan, Ribuan Penyu Diselamatkan di Texas 

4. Seorang senator dikritik keras setelah terbukti berlibur di tengah krisis yang mengancam nyawa warga 

Di tengah paniknya warga karena listrik mati dan cuaca dingin, seorang senator Texas asal Partai Republik dikritik habis-habisan. Ted Cruz tercatat pergi berlibur dengan keluarganya ke Cancun, Mexico pada Rabu (17/2). Foto dirinya sedang berada di bandara dan pesawat memicu kemarahan warga. Melihat amuk warga di media sosial, ia langsung merilis permintaan maaf dan dikabarkan sudah kembali ke Houston. 

Cuaca ekstrim di Texas diprediksi akan terjadi sampai akhir pekan ini. 

Baca Juga: Senator Texas Liburan Saat Cuaca Ekstrim Hantam Wilayahnya 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya