Comscore Tracker

Walikota Copenhagen Mundur Pasca Terjerat Kasus Pelecehan Seksual

Keputusannya didukung partai pengusung 

Copenhagen, IDN Times - Denmark diguncang oleh pengakuan dua orang perempuan yang dilecehkan oleh seorang politisi ternama yang juga menjabat sebagai walikota Copenhagen. Meski kasus masih bergulir dan statusnya masih terduga, Jensen memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya sejak Senin (19/10). 

1. Kasus bergulir setelah dua korban melaporkan Frank Jensen ke polisi 

Walikota Copenhagen Mundur Pasca Terjerat Kasus Pelecehan SeksualFrank Jensen diusung Partai Sosial Demokrat dan sebenarnya dikenal berprestasi. Instagram.com/jyllandsposten

Lewat sebuah artikel yang dirilis  koran lokal Denmark Jyllands-Posten, dua perempuan tersebut mengaku telah menjadi korban pelecehan seksual oleh Frank Jensen. Salah satu dari mereka adalah mantan staf partai Sosial Demokrat yang menaungi Jensen. Keduanya mengaku dilecehkan di sebuah acara sosial. 

2. Setidaknya ada 8 korban lain yang belum melapor 

Walikota Copenhagen Mundur Pasca Terjerat Kasus Pelecehan SeksualFrank Jensen bersama para petinju berprestasi di Balai Kota Copenhagen. Instagram.com/_sarahmahfoud

Dilansir dari DW, ketua cabang pemuda Partai Sosial Demokrat bahkan mengklaim setidaknya ada delapan korban lain yang belum melapor resmi ke kepolisian. Jika melapor, berarti setidaknya ada sepuluh orang yang menjadi korban tindakan predator Jensen dan tak menutup kemungkinan bisa bertambah. Kasus ini mengingatkan kita pada gerakan #MeToo yang berhasil menjatuhkan produser film Harvey Weinstein di Amerika Serikat. 

Baca Juga: Tak Mudah, Ini 'Kelumpuhan' yang Dialami Para Korban Pelecehan Seksual

3. Jensen mundur dari kursi walikota dan partai Sosial Demokrat yang mengusungnya 

Walikota Copenhagen Mundur Pasca Terjerat Kasus Pelecehan SeksualFrank Jensen mengumumkan pengunduran dirinya. Instagram.com/mr.mo.dk

Meski masih berstatus terduga, Jensen tak mengelak dan justru mengakui kesalahannya. Ia bahkan meminta maaf secara publik lewat laman Facebook resminya. Dilansir dari Euronews, Jensen menuliskan penyesalannya dan berkata bahwa perbuatannya mencerminkan budaya lama yang telah mengakar di partainya. Ia juga meminta maaf pada para korbannya. 

Diikuti dengan pengunduran dirinya secara resmi dari jabatan walikota Copenhagen dan wakil ketua Partai Sosial Demokrat yang saat ini menguasai pemerintah Denmark. Keputusan Jensen untuk mundur diapresiasi para rekannya di Partai Sosial Demokrat, juga Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen. 

4. Jensen bukan politisi Denmark pertama yang terjerat kasus serupa 

Walikota Copenhagen Mundur Pasca Terjerat Kasus Pelecehan SeksualFrank Jensen di sebuah acara pembersihan sungai di Copenhagen. Instagram.com/frankjensenkbh

Gerakan #MeToo yang menjerat Jensen bukan yang pertama kali di Denmark. Politisi dari Partai Sosial Liberal, Morten Østergaard juga mengundurkan diri beberapa waktu lalu setelah tuduhan pelecehan seksual menyerangnya. Sejak itu, banyak perempuan Denmark yang akhirnya membuka diri dan menceritakan pengalaman buruk mereka mendapat pelecehan seksual saat berada di tempat kerja. 

Lewat momen ini pula Denmark menunjukan keseriusan mereka dalam melawan budaya patriarki yang secara tak langsung memberikan ruang bagi tindakan pelecehan seksual. Bukannya mengelak dan mengalienasi diri dari tuduhan pelecehan seksual, Jensen dan segenap Partai Sosial Demokrat yang menaunginya langsung menanggapi kasus dengan serius dan bijak. 

Baca Juga: Terbukti Lakukan Pelecehan Seksual, 3 Produser The Ellen Show Dipecat

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya