Austria Tegaskan Tak Terima Lagi Pengungsi dari Afghanistan 

Austria telah menampung 40 ribu lebih warga Afghanistan

Jakarta, IDN Times - Kanselir Sebastian Kurz menyatakan Austria tidak akan menerima lagi warga yang lari dari Afghanistan setelah Taliban merebut kekuasaan di negara tersebut.

Austria disebut telah menerima pencari suaka yang jumlahnya melebihi satu persen populasinya selama krisis migrasi Eropa pada 2015 dan 2016, seperti dilansir dari ANTARA pada Minggu (22/8/2021).

1. Kurz tegaskan kedatangan para pengungsi Afghanistan ke Austria bukan sebuah pilihan

Austria Tegaskan Tak Terima Lagi Pengungsi dari Afghanistan Pengungsi menaiki pesawat saat Departemen Pertahanan AS berkomitmen untuk mendukung Departemen Luar Negeri AS dalam keberangkatan personel sipil AS dan sekutu dari Afghanistan, dan untuk mengevakuasi sekutu Afghanistan dengan aman, dalam gambar handout terbaru tanpa tanggal (ANTARA FOTO/Staff Sgt. Brandon Cribelar/U.S. Air Force /Handout via REUTERS)

Sepanjang kariernya, Kanselir Kurz dikenal dengan sikap yang keras pada kebijakan imigrasi dan memenangi setiap pemilihan parlemen sejak 2017.

Meski Uni Eropa berupaya mengevakuasi orang-orang Afghanistan yang telah membantu selama 20 tahun, Kurz menegaskan kedatangan para pengungsi ke Austria bukan sebuah pilihan.

"Saya jelas menolak menerima lebih banyak orang secara sukarela dan itu tak akan terjadi selama pemerintahan saya," kata Kurz dalam wawancara dengan stasiun TV Puls 24 yang transkripnya dirilis sebelum acara itu disiarkan pada hari ini waktu setempat.

Baca Juga: KSP: Detik-detik Evakuasi WNI dari Afghanistan Penuh Tantangan

2. Austria telah menampung 40 ribu lebih warga Afghanistan meski bukan anggota NATO

Austria Tegaskan Tak Terima Lagi Pengungsi dari Afghanistan Tentara AS yang ditugaskan di Brigade ke-3, Divisi Gunung ke-10 mengawal warga yang dievakuasi menuju terminal check-in di Bandara Internasional Hamid Karzai, di Kabul, Afghanistan, Jumat (20/8/2021) (ANTARA FOTO/Lance Cpl. Nicholas Guevara/U.S. Marine Corps/Handout via REUTERS)

Austria telah menampung lebih dari 40.000 pengungsi Afghanistan, terbanyak kedua di Eropa setelah Jerman (148.000), menurut data 2020 dari badan pengungsi PBB UNHCR.

Populasi Austria sembilan kali lebih kecil daripada Jerman. Austria juga menjadi negara netral dan bukan anggota NATO. Mereka hanya mengirim sejumlah kecil tentara ke Afghanistan.

Menurut situs NATO, Austria hanya mengirim 16 tentara dalam Misi Dukungan Tegas yang digelar untuk melatih dan memberi masukan kepada pasukan keamanan Afghanistan.

"Saya tidak berpendapat kami harus menerima lebih banyak orang. Malah sebaliknya," kata Kurz tentang warga Afghanistan yang meninggalkan negaranya.

"Austria telah memberikan kontribusi yang sangat besar," kata dia merujuk pada jumlah pengungsi dan pencari suaka dari Afghanistan yang ada di negaranya.

 

3. Kruz berpendapat seharusnya warga Afghanistan tetap berada di negaranya

Austria Tegaskan Tak Terima Lagi Pengungsi dari Afghanistan Seorang pengunjuk rasa menyeka air matanya selama demonstrasi solidaritas dengan orang-orang Afghanistan, di London, Inggris, Sabtu (21/8/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholls)

Kruz mengatakan warga yang melarikan diri dari Afghanistan harusnya tetap berada di wilayah itu.

Dia menambahkan negara-negara tetangga, Turkmenistan dan Uzbekistan, masing-masing hanya menampung 14 dan 13 pengungsi Afghanistan, sama seperti yang tercatat dalam data UNHCR.

Baca Juga: 5 Negara Ini Siap Menampung Gelombang Pengungsi Afghanistan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya