Kamala Harris Tiba di Singapura dengan Protokol Kesehatan Ketat

Wapres AS mengawali kunjungan perdananya ke Asia Tenggara

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris tiba di Singapura pada Minggu (22/8/2021). Harris memulai kunjungan resmi perdananya ke Asia Tenggara sejak dilantik pada Januari 2021.

Harris tiba dengan Air Force Two sekitar pukul 10.50 di Lanud Paya Lebar, didampingi oleh lebih dari 20 staf dan petugas keamanan, dilansir The Straits Times. Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyambut kedatangan orang nomor dua di negara adidaya itu.

Dia akan berada di Singapura hingga Selasa (24/8/2021) sore. Setelah itu dia dijadwalkan menuju Vietnam, sebelum meninggalkan wilayah Asia Tenggara pada Kamis (26/8/2021).

1. Kamala Harris dan rombongan menjaga protokol kesehatan ketat selama perjalanan ke Singapura

Kamala Harris Tiba di Singapura dengan Protokol Kesehatan KetatMenteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyambut kedatangan Wakil Presiden AS Kamala Harris setibanya di Singapura, Minggu (22/8/2021). Kamala Harris tengah melakukan serangkaian kunjungan ke negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Singapura dan Vietnam (ANTARA FOTO/Reuters-Evelyn Hockstein)

Kedatangan Harris dan rombongannya ke Singapura disebut sudah menjalani protokol kesehatan COVID-19 yang sangat ketat. Harris beserta rombongan mengenakan masker, sesuai dengan langkah-langkah manajemen keamanan COVID-19.

Pada Kamis lalu, Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan Harris menjalani tes COVID-19 secara teratur dan rencana perjalanan yang terkendali agar menjaga kunjungannya ke Singapura tetap aman.

Pihak Gedung Putih melaporkan bahwa Harris meninggalkan AS pada Sabtu (21/8/2021), dia dipastikan tetap berada di dalam pesawat Air Force Two ketika berhenti di Anchorage, Alaska, untuk mengisi bahan bakar dan ibu kota Jepang Tokyo.

Baca Juga: Singapura: Tak Pakai Masker, Warga Inggris Dipenjara

2. Besok Harris akan bertemu dengan Presiden Halimah Yacob

Kamala Harris Tiba di Singapura dengan Protokol Kesehatan KetatPresiden Singapura, Halimah Yacob (Website/www.gov.sg)

Wakil Presiden AS berusia 56 tahun itu akan memulai serangkaian pertemuan formal pada Senin (23/8/2021), dia akan mengawali kunjungannya ke Istana untuk bertemu dengan Presiden Halimah Yacob, diikuti dengan pertemuan dan konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Nama Kamala Harris akan disematkan sebagai nama salah satu bunga anggrek untuk menghormatinya dalam sebuah upacara di Istana.

Dia juga dijadwalkan mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut Changi dan kapal tempur pesisir USS Tulsa, yang berada di pelabuhan untuk latihan multilateral.

 

3. Harris dijadwalkan berpidato dalam sebuah diskusi dengan komunitas bisnis

Kamala Harris Tiba di Singapura dengan Protokol Kesehatan KetatWakil Presiden AS Kamala Harris melambaikan tangan saat menuju Asia Tenggara, perjalanan pertama sebagai wakil presiden untuk bertemu pemerintah, sektor swasta, dan tokoh masyarakat, di Pangkalan Udara Gabungan Andrews di Maryland, Amerika Serikat, Jumat (20/8/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Evelyn Hockstein)

Kemudian, pada Selasa, Harris akan menyampaikan pidato kebijakan dan berpartisipasi dalam diskusi meja bundar dengan komunitas bisnis, kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan Jumat lalu. Menteri Perdagangan dan Industri Gan Kim Yong akan ambil bagian dalam diskusi ini.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin lebih dulu melakukan lawatan ke Singapura pada akhir Juli 2021.

Baca Juga: Singapura Bersiap Hidup dengan Strategi Baru Hadapi COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya