Comscore Tracker

Kanye West Umumkan akan Calonkan Diri Jadi Presiden Amerika Serikat

Kanye didukung oleh Bos Tesla, Elon Musk

Jakarta, IDN Times - Rapper sekaligus selebritas dunia, Kanye West, mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat pada Pemilihan Umum 2020. Kanye diketahui merupakan salah satu pendukung Presiden AS Donald Trump.

"Kita sekarang harus menyadari janji Amerika percaya kepada Tuhan, menyatukan visi dan membangun masa depan. Saya akan mencalonkan diri jadi presiden Amerika Serikat!" cuit Kanye West di Twitter, Sabtu 4 Juli 2020, waktu AS seperti dikutip Antara melalui Reuters pada Minggu (5/7/2020).

1. Kanye West mendapat dukungan dari Elon Musk

Kanye West Umumkan akan Calonkan Diri Jadi Presiden Amerika SerikatCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Belum diketahui apakah suami Kim Kardashian ini betul-betul serius mencalonkan diri untuk pemilu AS yang akan digelar empat bulan lagi, atau apakah dia sebetulnya sudah menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk jadi kandidat.

Batas waktu untuk kandidat independen pada pemilu belum terlampaui di banyak negara bagian.

Namun beberapa saat setelah cuitan Kanye West, Elon Musk, kepala eksekutif pembuat mobil listrik Tesla, langsung menyatakan dukungannya.

"Kau mendapat dukunganku!" tulis dia.

Baca Juga: Trump Kembali Berkampanye, 6 Staf Terinfeksi Virus Corona

2. Rencana pencalonan sebagai Presiden AS pernah diungkapkan Kanye saat acara MTV VMAs 2015

Kanye West Umumkan akan Calonkan Diri Jadi Presiden Amerika Serikatinstagram.com/kanyewestt_official

Sebenarnya, rencana mencalonkan diri sebagai presiden AS 2020 sudah diungkapkan Kanye West sejak lima tahun lalu. Keinginan itu disampaikan ketika menerima Video Vanguard Award MTV VMAs 2015.

Keinginan itu kemudian ditekankan berulang kali oleh pelantun 'Gold Digger' itu dalam sejumlah kesempatan.

"Ini bukan tentang saya. Ini tentang ide-ide baru, ide orang-orang yang percaya pada kebenaran. Anda mungkin sudah bisa menebak saya telah memutuskan akan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2020," kata Kanye West kala itu.

3. Kanye West merupakan pendukung Donald Trump

Kanye West Umumkan akan Calonkan Diri Jadi Presiden Amerika SerikatPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat menandatangani perintah eksekutif reformasi polisi di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, pada 16 Juni 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Kanye West adalah orang yang terang-terangan mendukung Donald Trump. Pada akhir 2018, dia sempat mengumumkan akan menjauh dari politik.

Namun tak lama setelah itu, dia kembali mencuitkan serangkaian dukungan kepada Donald Trump.

Baca Juga: Mencalonkan Diri Jadi Presiden AS, Ini 10 Fakta Kanye West

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya