Pasien Omicron di Kota Zhuhai, China, Sudah Divaksinasi Booster 

Zhuhai kota kedua di China yang didapati kasus Omicron

Jakarta, IDN Times - Pemerintah setempat menemukan tujuh kasus positif COVID-19 varian Omicron yang menimpa warga lokal Kota Zhuhai di Provinsi Guangdong, China. Kasus tersebut ditemukan dalam tes PCR berskala besar pada Jumat (14/1/2022).

Dikutip dari ANTARA, dari tujuh kasus tersebut, hanya satu yang bergejala, sedangkan sisanya tidak bergejala.

Kota Zhuhai yang berbatasan langsung dengan Makau menjadi kota kedua di China yang didapati kasus positif COVID-19 varian Omicron setelah Kota Tianjin.

 

1. Pasien positif Omicron sudah pernah mendapat vaksin booster

Pasien Omicron di Kota Zhuhai, China, Sudah Divaksinasi Booster Petugas medis dengan pakaian pelindung menerima pasien di Pusat Konferensi dan Pameran Internasional Wuhan, yang diubah menjadi rumah sakit sementara bagi pasien dengan gejala ringan akibat virus corona, di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Yang menarik, diberitakan oleh media China, pasien bergejala tersebut sudah pernah menerima suntikan penguat dosis ketiga atau booster.

Pasien tersebut pernah mengunjungi pasar sayur di Zhongshan yang bertetangga dengan Zhuhai pada Sabtu (8/1/2022).

Hingga Jumat (13/1/2022), di Tianjin terdapat 142 kasus Omicron. 

Baca Juga: Bill Gates: COVID-19 Bisa Jadi Flu Biasa Setelah Omicron Berlalu

2. Semua penerbangan dari Zhuhai menuju Beijing dibatalkan

Pasien Omicron di Kota Zhuhai, China, Sudah Divaksinasi Booster Ilustrasi bandara di Beijing, Tiongkok (www.globaltimes.cn)

Akibat ditemukan kasus Omicron, semua penerbangan dari Zhuhai menuju Beijing dan kota-kota di sekitarnya dibatalkan.

Demikian pula jalan bebas hambatan dan jalur perairan menuju Zhuhai juga ditutup. Pelabuhan feri Makau yang terhubung dengan pelabuhan penyeberangan Wanzai di Zhuhai juga ditutup.

3. Jalan tol dan pelabuhan ditutup

Pasien Omicron di Kota Zhuhai, China, Sudah Divaksinasi Booster Ilustrasi COVID-19 di Tiongkok (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Penutupan yang sama juga terjadi di jalan bebas hambatan Guangzhou-Zhuhai dan pelabuhan penyeberangan Shekou di Kota Shenzhen dengan pelabuhan Jiuzhou di Zhuhai.

Satu kasus bergejala di Zhuhai terjadi pada seorang perempuan berusia 53 tahun yang bekerja pada lembaga penitipan anak di Nanping.

Baca Juga: WHO: Omicron Bisa Mengancam Nyawa!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya