Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di 9 Negara, Ada yang Rayakan di Kuburan

Indonesia identik dengan petasan, gimana dengan negara lain?

Jakarta, IDN Times - Tahun baru 2023 disambut meriah di berbagai negara. Panggung-panggung musik hingga kembang api gegap gempita menyambut datangnya harapan baru.

Di Indonesia sendiri, petasan dan kembang api menjadi ciri khas perayaan tahun baru. Sementara sebagian lainnya merayakan tahun baru dengan berkumpul dengan keluarga sambil menyantap barbeque.

Lantas, seperti apa tradisi menyambut tahun baru di negara-negara lain? Simak seperti kebiasaan unik di Italia hingga Yunani yang dilansir dari ANTARA, Minggu (1/1/2023).

1. Tradisi unik perayaan tahun baru di Brasil, Spanyol dan Italia

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di 9 Negara, Ada yang Rayakan di Kuburanpotret bendera Spanyol dari atas gedung (pexels.com/Mikhail Nilov)

Brasil

Memakai baju putih sebelum melompati tujuh ombak di pantai setelah jam menunjukkan pukul 12 malam sambil memikirkan tujuh harapan menjadi tradisi menarik di Brasil.

Spanyol

Masyarakat di Spanyol punya kebiasaan unik untuk menyambut tahun baru. Mereka biasanya memakan 12 butir anggur pada tengah malam tepat pukul 12 malam ketika hari berganti. Tradisi ini diyakini dapat meningkatkan keberuntungan di tahun yang baru.

Italia

Tradisi di negara ini tak kalah unik bila dikaitkan dengan tahun baru. Masyarakat setempat biasanya memakai pakaian dalam berwarna merah dengan harapan mendapatkan hal-hal baik di tahun yang baru.

Baca Juga: Gak Sesuai Syariat Islam, 4 Negara Ini Larang Perayaan Tahun Baru

2. Yunani sambut tahun baru dengan menggantungkan bawang di depan pintu

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di 9 Negara, Ada yang Rayakan di KuburanSantorini Yunani (instagram.com/unlimitedsantorini)

Yunani

Bawang dipercaya sebagai simbol kelahiran baru, jadi bawang digantungkan di pintu untuk menyambut tahun baru.

Chili

Tradisi menyambut tahun baru di sini tak kalah unik. Orang-orang biasanya menyambut tahun baru di kuburan bersama anggota keluarga yang telah meninggal.

Denmark

Piring menjadi bagian penting dari kebiasaan menyambut tahun baru di sini. Biasanya, orang-orang di Denmark melemparkan piring ke pintu pada malam tahun baru karena dipercaya akan membawa keberuntungan. Konon, semakin banyak piring yang pecah di pintu Anda, tahun baru akan semakin baik untuk Anda.

3. Tradisi tolak bala pada tahun baru di Irlandia

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di 9 Negara, Ada yang Rayakan di KuburanIrlandia (unsplash.com/Jason Murphy)

Kanada

Memancing ikan di es jadi salah satu aktivitas yang dilakukan orang Kanada untuk menyambut tahun baru.

Filipina

Pada malam tahun baru, keluarga di Filipina menyajikan dua belas buah berbentuk bulat, misalnya apel dan anggur, yang dipercaya melambangkan kemakmuran. Angka 12 berkaitan dengan jumlah bulan dalam setahun.

Irlandia

Untuk mengusir roh jahat, keluarga di Irlandia menyambut tahun yang makmur dengan memukulkan roti ke dinding dan pintu rumah.

Baca Juga: 7 Potret Kemeriahan Malam Tahun Baru 2023 di Berbagai Daerah Tanah Air

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya