Comscore Tracker

Mengenal Hyperloop, Kereta yang Kecepatannya Melebihi Pesawat

Jakarta-Yogya hanya 25 menit

Saat ini, beberapa negara telah membangun kereta api super cepat dengan laju hingga 500 km/jam. Namun, teknologi transportasi yang berkembang terus memunculkan berbagai alternatif baru. Salah satunya adalah Hyperloop. Kapsul super cepat yang mulai diwacanakan oleh CEO SpaceX, Elon Musk pada 2012 ini perlahan mulai jadi kenyataan. Berikut beberapa faktanya:

1. Kecepatan mencapai 1200 km/jam.

Mengenal Hyperloop, Kereta yang Kecepatannya Melebihi Pesawattech.wp.pl

Teknologi Hyperloop sendiri punya mekanisme yang mirip seperti kereta. Tapi jangan samakan keduanya. Karena kalau ditelaah lebih dalam, nyatanya Hyperloop dan kereta merupakan teknologi yang jauh berbeda. 

Jika rekor kereta tercepat saat ini berada di angka 500 km/jam. Hyperloop ada jauh di atasnya, yaitu mencapai 1200 km/jam. Bahkan, dikutip dari Independent, moda satu ini mampu melampaui kecepatan pesawat yang hanya 1000 km/jam.

Alih-alih menggunakan rel, transportasi ini menggunakan semacam tabung semivakum yang berfungsi sebagai pengantar gerbong-gerbong seperti kapsul di dalamnya.

 

2. Jakarta-Yogya hanya 25 menit.

Mengenal Hyperloop, Kereta yang Kecepatannya Melebihi Pesawatclactonandfrintongazette.co.uk

Meski masih sebuah wacana, Hyperloop direncanakan akan membangun moda transportasi jenis ini di Jakarta. Rencana tersebut bukannya tanpa beralasan. Jakarta dengan populasi lebih dari 10 juta orang menghadapi beberapa permasalahan kemacetan terparah di dunia. Apalagi, 70 persen polusi berasal dari dari kendaraan.

Sistem Hyperloop akan bekerja dalam jangka panjang untuk menyelesaikan isu ini. Contohnya, sebuah rute Hyperloop dari Jakarta menuju Yogyakarta akan memakan waktu kurang lebih 25 menit. Bandingkan dengan menggunakan mobil yang dapat memakan waktu hingga hampir 10 jam.

3. Terwujud di Indonesia kurang dari 5 tahun mendatang.

Mengenal Hyperloop, Kereta yang Kecepatannya Melebihi Pesawatwcpo.com

Beberapa waktu lalu, Chairman Hyperloop Indonesia, Dwi Putranto Sulaksono mengatakan kepada beberapa media bahwa saat ini tercatat ada tiga rute transportasi Hyperloop yang disiapkan di tahap awal. Rute tersebut akan menghubungkan kabupaten Tangerang-Kota Tangerang, Bandara Soekarno Hatta-Kota Tangerang, dan Bandara Soekarno Hatta-Halim Perdana Kusuma.

Bahkan, dia sesumbar bahwa transportasi ini akan terwujud kurang dari lima tahun. Studi untuk tiap rute akan memakan biaya sekitar USD 2,5 juta. Jika benar terwujud, trasnportasi ini akan menjadi salah satu alternatif terbaik. Sebab, satu kapsul Hyperloop bisa menampung 40-60 orang dengan jeda pemberangkatan tiap tiga menit.

 

Edith Jessica Putri Photo Writer Edith Jessica Putri

mahasiswi biologi yang masih "berjuang". see me further in ig @edithajsica

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya