Wow, Facebook Akan Bangun Sebuah Kota yang Nyata!

Facebook village! Nggak cuma di dunia maya, lho!

Facebook merupakan sebuah perusahaan besar, pemilik dan pengelola media sosial yang sangat populer. Facebook menyatukan seluruh manusia di dunia. Didaulat sebagai salah satu perusahaan terbesar, pastinya Facebook memiliki ribuan bahkan puluhan ribu pegawai.

Baru - baru ini, Facebook merencanakan akan membangun kota di dunia nyata. Dikutip dari The Guardian, kabarnya perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini "dipaksa" pemerintah setempat untuk membangun sebuah kota. Kenapa? Penasaran? Yuk simak!

Facebook berencana membangun sebuah kota

Wow, Facebook Akan Bangun Sebuah Kota yang Nyata!businessinsider.sg

Facebook berencana membangun sebuah kota yang didalamnya sudah mencakup perumahan, kantor, pertokoan, hingga hotel. Sepertinya ini bukan sekedar wacana, dikarenakan pemerintah setempat telah memberi izin. Pemerintah memberi izin untuk membangun di Menlo Park, sekitar 72 km selatan San Fransisco. Karena pemerintah telah gagal dalam berinvestasi di bidang insfrastruktur telah menyebabkan kenaikan harga yang tinggi dan juga membuang waktu secara percuma sehingga, Facebook diharapkan bisa mengembalikan kegagalan tersebut.

Disebabkan Karena Krisis Perumahan

Wow, Facebook Akan Bangun Sebuah Kota yang Nyata!openinnovationcentral.com

Hal ini direncanakan karena Facebook menilai krisis perumahan yang melanda Silicon Valley semakin mengkhawatirkan. Harga Perumahan di area Silicon Valley memang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan besar yang berada disana. Yang menyebabkan para karyawan terkadang harus berpikir panjang sebelum memutuskan untuk membeli properti disana.

Facebook Memiliki Lahan Seluas 56 Hektar

Wow, Facebook Akan Bangun Sebuah Kota yang Nyata!id.pinterest.com

Lahan seluas 56 hektar telah dimiliki Facebook sejak 2015 lalu. Menelan biaya 400 juta dolar atau sekitar Rp 5,4 triliun. Rencananya, di dalam area seluas 56 hektar tersebut akan dibangun sekitar 1.500 unit rumah. Nantinya, rumah tersebut bisa dimiliki oleh siapa saja, tidak hanya dikhususkan untuk karyawan Facebook. Dan juga 15% dari rumah yang dibangun, akan dijual dengan harga dibawah pasaran.

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membangun sebuah kota. Setidaknya butuh waktu satu dekade agar lahan tersebut berubah menjadi area perkotaan. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Sebagai tahap awal, perumahan dan pertokoan direncanakan akan selesai pada 2021, dan akan terus dilanjutkan hingga benar - benar selesai. Apa kalian tertarik untuk tinggal di 'Kota Facebook' ?

Egantara Satria Utama Photo Writer Egantara Satria Utama

97's kid | egantarasatria@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya