Comscore Tracker

Fakta Islam di Christchurch

Sejarah Islam di sana yang perlu kamu tahu

Jakarta, IDN Times - Peristiwa penembakan di masjid kota Christchurch wilayah South Island, Selandia Baru, mengagetkan banyak pihak mengingat betapa amannya negara tersebut dari berita-berita aksi teroris. Berikut beberapa fakta Islam di sana yang perlu diketahui.

1. Islam Warga Minoritas di New Zealand

Fakta Islam di ChristchurchPixabay.com/BernHildebrandt

Menurut data Pew Research Center, persentase penganut Islam di Selandia Baru pada 2010 sebanyak 0,9 persen, naik 0,7 persen dari 1990. Awalnya, warga Islam datang dari imigran asal Asia Selatan dan Eropa Timur sekitar awal 1900 sampai 1960-an. Kemudian, jumlahnya semakin meningkat di awal 1970-an setelah orang Fiji India dan pengungsian dari negara konflik ikut berdatangan ke sana. Penganut Islam di dalam suku asli Maori sendiri juga meningkat cukup pesat, sampai akhirnya dibentuk The Aotearoa Māori Muslim Association (AMMA), gerakan Muslim Maori paling berpengaruh di sana.
 

2. Masjid Al-Noor, Salah Satu dari Sekian Masjid di Christchurch

Fakta Islam di Christchurch(Masjid Al Noor) www.google.com

Masjid Al-Noor, lokasi penembakan pada Jumat (15/3), terletak di Canterbury Islamic Centre. Dia merupakan salah satu masjid di Christchurch selain masjid-masjid lain yang berada dalam lingkungan kampus, seperti masjid di Universitas Lincoln, Universitas Canterbury, Hagley Community College, dan Institut Politeknik dan Teknologi.

3. Bahkan, Sudah Ada Wisata Halal di Selandia Baru

Fakta Islam di ChristchurchPixabay.com/rawpixel

Pelancong Muslim yang datang ke Selandia Baru semakin dimudahkan berkat beberapa fasilitas yang bersahabat sudah mulai menjamur di sana. Seperti misalnya, toko kelontong yang menjual makanan dan minuman halal sampai restoran dan kafe dengan sertifikat halal. Sebut saja Taste of Bengal, It's Indi, Nomads Ethnic Foods yang bisa ditemukan di seputar Christchurch.

4. Selandia Baru Bersih dari Kasus Penembakan dalam 10 tahun Terakhir

Fakta Islam di ChristchurchUnsplash.com/ King's Church International

Selandia Baru tidak menorehkan sejarah kelam penembakan maupun aksi teroris lain dalam 10 tahun terakhir. Hal ini tentunya membuat kita bertanya-tanya, apa gerangan yang terjadi setelah peristiwa yang mencoreng kemanusiaan hari ini?

Baca Juga: [BREAKING] Penembakan di Selandia Baru, 49 Orang Tewas

Topic:

  • Elfida
  • Developer
  • Anata Siregar

Just For You