12 Remaja Thailand Menghilang di Gua Terlarang Selama 9 Hari

Makanya hati-hati nih kalau punya anak atau adik...

Bangkok, IDN Times - Setelah dikabarkan hilang selama 9 hari, akhirnya keberadaan 12 remaja dan seorang asisten pelatih mereka di gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand, ditemukan tim penyelamat, Senin (2/7/2018) lalu.

Menurut Narongsak Osottanakorn, gubernur daerah yang terlibat dalam operasi pencarian, para orang hilang dinyatakan dalam keadaan hidup di dalam gua.

Mereka ditemukan oleh pasukan khusus angkatan laut setelah operasi pencarian dan penyelamatan tersebut usai.

1. Mereka memasuki gua terlarang

12 Remaja Thailand Menghilang di Gua Terlarang Selama 9 HariBBC.com

Para remaja berusia antara 11 hingga 16 tahun, yang merupakan anggota dari tim Sepak Bola Moo Pa - or Wild Boar, pergi menelusuri gua bersama Ekkapol Janthawong, asisten pelatih mereka (25 Tahun).

Petugas taman setempat mengaku telah membunyikan alarm setelah melihat sepeda mereka di dekat pintu masuk kompleks gua yang terlarang.

2. Sabtu lalu sepeda para remaja telah ditemukan di sekitar gua

12 Remaja Thailand Menghilang di Gua Terlarang Selama 9 HariTimesofisrael.com

Labirin gua pada kilometer pertama sekitar 0,6 mil memiliki formasi batuan kapur yang memeluk langit-langit tinggi, menciptakan suasana yang hampir seperti panggung teater kuno.

Dikabarkan dalam CNN, sepeda para orang hilang tersebut lebih dulu ditemukan di bagian utara pintu masuk gua Sabtu lalu.

Pada pembukaan awal pintu masuk gua terdapat cerobong alami sedalam kurang lebih 22 meter (72 kaki), dengan diameter sekitar 1,5 meter.

3. Misi penyelamatan belum tuntas

12 Remaja Thailand Menghilang di Gua Terlarang Selama 9 Harinationmultimedia.com

Pada konferensi pers di pusat komando bagian pintu masuk gua, Narongsak Osottanakorn menyatakan bahwa proses penyelamatan belum selesai.

"Misi kami adalah mencari, menyelamatkan, dan Mengembalikan. Sejauh ini kami baru saja menemukan mereka. Misi selanjutnya adalah membawa mereka keluar dari gua dan mengirim mereka pulang," ungkapnya.

Narongsak Osottanakorn mengatakan bahwa mereka akan terus membuat air keluar dari gua, sambil mengirim dokter dan perawat untuk menyelam ke dalam gua, demi memeriksa kesehatan para remaja dan pelatih mereka.

"Jika dokter mengatakan kondisi fisik mereka cukup kuat untuk dipindahkan, maka mereka akan dibawa keluar dari gua," tambahnya.

Phenomena Watcher Photo Verified Writer Phenomena Watcher

A man. Rare information catcher. Say to me in : https://www.instagram.com/pemantix

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya