Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibully

Hei, kamu suka bullying orang lain, baca deh ini!

Belakangan, aksi bullying memang marak terjadi, khususnya di lingkungan para remaja. Bullying sendiri merupakan tindakan atau ancaman yang dilakukan seseorang terhadap orang lain hingga ppara korbannya mengalami gangguan psikis. Di sisi lain, apabila dibiarkan, korban bullying akan mengalami kondisi yang bisa membahayakan kesehatan mentalnya seperti depresi, mengisolasi diri, atau bahkan bunuh diri. 

Sebagaimana yang menimpa enam gadis malang di bawah ini. Mereka pada akhirnya harus meregang nyawa dengan melancarkan aksi bunuh diri. Lantaran tak kuat menghadapi kekejaman aksi bullying. Berakhir tragis, beginilah kisah pembullyan yang dialami oleh para gadis yang masih berusia belasan tahun di bawah ini.

Amanda Todd

Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibullyhttps://cyberbullying.org/

Amanda Todd adalah seorang gadis berumur 15 tahun, ditemukan bunuh diri akibat aksi bullying yang ia alami sejak duduk di bangku SMP. Semuanya berawal ketika Amanda iseng ngobrol dengan seorang pria asing lewat situs Omegle. Selama obrolan berlangsung dan mengalir, tiba-tiba si pria memintanya untuk membuka kaus dan menunjukkan bagian dadanya. Tanpa pikir panjang Amanda menuruti permintaan pria tersebut, tanpa ia sadari menjadi awal dan sebab dari aksi pembullyan yang ia terima di kemudian hari.

Setahun kemudian, pria asing itu kembali meneror Amanda dengan ancaman akan menyebarluaskan foto setengah telanjang miliknya jika Amanda tak mau menuruti nafsu bejatnya lagi. Tak mau jatuh di lubang yang sama, Amanda menolak permintaan pria tersebut. Hingga akhirnya, fotonya tersebar luas dan menyebabkan dirinya menerima banyak hujatan dan pelecehan.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk bunuh diri sebulan setelah memosting video berjudul My Story : Stuggling, Bullying, Suicide, Self Harm lewat akun Youtube bernama TheSomebodytoknow. Sejak kematian Amanda video tersebut menjadi viral, dan sampai saat ini telah ditonton oleh 12 juta lebih pengguna Youtube.

Angel Green

Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibullyhttps://www.change.org/

Selanjutnya, ada gadis berusia 14 tahun asal Indiana bernama Angel Green, yang ditemukan gantung diri di pohon dekat halte sekolahnya. Ia sengaja mempertontonkan aksinya di hadapan murid satu sekolah supaya mereka sadar, bahwa kematian yang ia alami adalah sebab dari tindak pembullyan yang mereka lakukan.

Selama sekolah, Angel kerap diolok-olok karena tubuhnya gendut dan wajahnya dipenuhi bintik. Di lain pihak, bukan melindungi putrinya, sang Ayah malah menyudutkan dan melakukan tindak kekerasan seksual terhadapnya. Meski pada akhirnya Ayahnya dipenjara, Angel justru merasa semakin tertekan karena teman-temannya semakin menyalahkan dirinya.

Tak tahan dengan aksi kejam para teman sekolahnya, Angel akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan menggantung dirinya di pohon dekat sekolah. Nah, sebelum bunuh diri, Angel diketahui meninggalkan surat bertuliskan semua penderitaan yang ia alami selama di sekolah. Di akhir surat ia memberi penegasan dengan kata-kata "It's bullying that killed me. Please get justice," seolah menyeru kepada banyak orang untuk menghentikan maraknya aksi bullying.

Ashley Cardona

Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibullyhttps://www.instagram.com/ashleycardona04/

Lagi-lagi hanya karena alasan fisik, gadis berusia 12 tahun, Ashley Cardona jadi sasaran aksi bullying berakhir kamatian. Ashley dikenal sebagai gadis bertubuh tinggi, besar serta mempunyai luka di area wajahnya. Oleh sebab itulah teman sekelasnya kerap memanggilnya dengan sebutan "Gorilla Scarface" yang terkesan menghina dan merendahkan Ashley.

Seminggu sebelum memutuskan untuk bunuh diri, Ashley mengunggah postingan terakhirnya di akun Instagram dengan menuliskan caption "Im just not Okay". Kalimat singkat yang cukup menyiratkan duka mendalam dari seorang Ashley Cardona.

Megan Meier

Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibullyhttps://www.meganmeierfoundation.org/

Selain itu kasus bullying juga menimpa Megan Meier, gadis berusia 13 tahun yang ditemukan gantung diri di kamar tidurnya pada tahun 2006 lalu. Menurut keterangan, satu penyebab Megan nekat mengakhiri hidup karena dirinya dibuat patah hati oleh pacarnya yang ia kenal lewat dunia maya.

Perkenalan Megan dengan sang pacar bermula ketika keduanya sama-sama online lewat situs jejaring sosial MySpace. Megan sangat percaya dan benar-benar mencintai sang pacar yang diketahui bernama Josh Evan itu. Ia pun memberitahu semua rahasia dan apapun yang menyangkut dirinya pada pacar dunia mayanya tersebut.

Hingga pada suatu waktu, tanpa suatu alasan Evan mengirimkan pesan kepada Megan seperti ini "Semua orang membencimu. Hiduplah dalam kesengsaraan. Dunia ini akan menjadi lebih baik tanpamu,". Megan yang sakit hati akhirnya depresi dan memutuskan bunuh diri 20 menit setelah menerima pesan tersebut.

Setelah kematiannya, barulah diketahui bahwa akun bernama Josh Evan itu adalah palsu. Di mana orang di baliknya tak lain adalah Sarah Drew, ibu dari teman sekolah Megan yang sengaja membuat fake account untuk mencari-cari kekurangan dan rahasia kelam Megan, supaya sang anak bisa menjatuhkan dan membullynya di sekolah.

Audrie Pott

Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibullyhttp://www.dailymail.co.uk/

Kejamnya bullying juga dirasakan oleh gadis berusia 15 tahun bernama Audrie Pott. Semua bermula ketika tiga teman prianya menjebak Audrie dengan menyuruhnya meminum alkohol hingga mabuk. Dalam kondisi tak sadarkan diri itulah, ketiga pria tersebut melancarkan aksi bejat dengan memerkosa Audrie secara bergiliran. 

Tak cukup dengan semua itu, mereka bahkan mengambil gambar aksinya tersebut dan menyebarluaskan kepada seluruh murid di sekolah. Akibatnya, bukan menerima belas kasih ataupun rasa iba, Audrie malah semakin diolok-olok oleh seisi sekolahnya. 

Merasa sangat malu dan depresi berat, akhirnya Audrie memilih mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di kamar mandi rumahnya, sepekan setelah kejadian tragis yang menimpanya saat itu.

Rebecca Sedwick

Kisah 6 Gadis Belasan Tahun yang Nekat Bunuh Diri Usai Dibullyhttp://www.huffingtonpost.com/

Terakhir, ada gadis cantik bernama Rebecca Sedwick yang kerap mendapat pesan bernada ancaman dari sekelompok gadis yang membencinya. Bukan tanpa alasan, geng tersebut membenci Becca lantaran gadis berusia 12 tahun itu sering terlihat dekat dengan seorang pria yang tak lain adalah pacar dari satu anggota geng para gadis tersebut.

Tak hanya menyerang Becca secara verbal, para gadis pembully itu pun seringkali mendorong dan berlaku kasar secara fisik kepada Rebecca Sedwick. Akhirnya sang ibu, Tricia Norman menarik Becca dari sekolah tersebut dan menjadikan putrinya sebagai siswa homeschooling.

Perlahan sembuh dari tekanan mentalnya, Rebecca kemudian kembali diteror oleh para pembullynya lewat akun sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Ask.fm. Lepas dari kontrol sang ibu, Rebecca yang sudah terlanjur depresi akhirnya memutuskan untuk bunuh diri dengan terjun dari sebuah gedung tinggi di Florida pada September, 2013 lalu.

Kisah bullying tragis yang menimpa nama-nama di atas menjadi peringatan keras bagi kita sendiri. Bahwa tindakan tersebut membawa banyak dampak negatif dan secara tidak langsung merusak mental seseorang, dan pada tingkat fatal bisa saja mendorong orang lain untuk melancarkan aksi nekat, seperti bunuh diri.

Erina Photo Verified Writer Erina

~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya