Comscore Tracker

Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!

"Sepak bola menentang perbedaan..."

Pada Rabu (17/8) malam, waktu setempat, klub asal Liga Utama Skotlandia, Glasgow Celtic menjamu tim asal Israel, Hapoel Be'er Sheva. Pertandingan di Celtic Park, Parkhead, Glasgow, Skotlandia itu menarik perhatian publik. Bukan karena pertandingan, tapi akibat aksi dari fans Celtic sendiri. Apa yang mereka perbuat?

Para fans membawa dan membentangkan bendera Palestina di dalam Celtic Park. Seperti dikutip dari News Week, pertandingan yang berakhir 5-2 untuk tim asuhan Bredan Rodgers ini merupakan pembukaan kualifikasi Liga Champions. Bukan hanya dalam stadium, usai keluar dari Celtic Park, para fans tetap mengibarkan bendera palestina dan melakukan protes kepada pihak-pihak yang diduga menghalangi kebebasan dan kesatuan dalam sepak bola.

"Sepak Bola Menentang Perbedaan..."

Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!Reuters via middleeasteye.net

Sebelum pertandingan, para fans telah diperingatkan oleh kepolisian Skotlandia untuk tidak melakukan hal tersebut. Kemudian, para fans pun diperingatkan terhadap hukuman yang akan diberikan asosiasi sepak bola Eropa (UEFA). Akan tetapi, mereka bersikeras karena keinginan untuk menunjukkan solidaritas dan dukungan terhadap Palestina. Bahkan, sebuah poster besar bertuliskan "Sepak Bola Menentang Perbedaan.." pun dibawa untuk protes.

Lantas mengapa dalam pertandingan melawan Israel? Karena Hapoel Be'er Sheva adalah tim yang bermarkas di wilayah 'jajahan' Israel. Ya, Klub tersebut merupakan tim dari kota yang merupakan tanah Palestina, Beersheba. Salah satu fans Celtic, Martin Milligan, seperti diberitakan Glasgowlive, mengatakan bahwa dirinya dan suporter lain merasa memiliki kewajiban untuk lakukan hal tersebut.

Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!thescottishsun.co.uk

Martin mengaku kalau Hapoel adalah tim Israel di wilayah Palestina. Namun, tim-tim di Palestina justru tidak mendapat kebebasan. Martin mengatakan sepak bola menantang perbedaan dan pembatasan seperti itu. Kemudian, Palestina dianggap layak diberi kebebasan seperti halnya Israel. Aksi tersebut pun mendapat pujian, tapi juga banyak yang tidak setuju.

Pada akhirnya, Martin menambahkan, kalau aksi tersebut ingin meningkatkan kesadaran pada masyarakat di dunia. Protes tersebut juga merupakan hak bagi para suporter sebagai warga negara. Kesadaran yang dimaksud adalah membela nilai-nilai kemanusiaan. Martin menyebutkan kalau perang Palestina-Israel melibatkan banyak orang, bahkan anak-anak. Sekarang, pesepak bola pun mendapat kekangan, itu yang tidak bisa diterima para fans.

Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!Reuters via mirror.co.uk

Baca Juga: Ini Bukti Kerasnya Lapangan Hijau, Daftar 16 Pemain Sepak Bola yang Meninggal Saat Bertanding

Bagaimana dengan nasib klub Celtic sendiri? Martin menjelaskan kalau mereka hanya tunjukkan aksi solidaritas. Mereka tidak ingin dipandang merusak Celtic, tapi sebagai manusia yang peduli akan sesama. Memang mereka tahu hukuman akan dijatuhkan pada klub, tapi Martin merasa UEFA sendiri harus sadar akan ketidaksetaraan itu. Sekarang, menurut Martin, tinggal bagaimana UEFA merespon tindakan mereka.

Celtic terancam hukuman dari UEFA karena tindakan fans.

Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!Christof-Koepsel/Bongarts via mirror.co.uk

Dikutip dari Sky Sports, Celtic dikabarkan akan mendapat sanksi dari UEFA. UEFA menganggap aksi tersebut adalah contoh campur aduk antara sepak bola dan politik. Menurut UEFA juga aksi tersebut mengundang konflik dan perdebatan yang semestinya tidak terjadi. Kemudian, para fans yang mengibarkan bendera juga bersikap provokatif.

Akan tetapi, tindakan ini bukanlah yang pertama dari fans Celtic. Masyarakat Irlandia dan sekitarnya, termasuk Skotlandia, dikenal pro Palestina. Mereka terus membuat protes untuk memberikan bantuan pada Palestina. Pada 2014, Celtic didenda 20.750 Dollar Amerika atau setara 273 juta Rupiah, akibat fans-nya juga mengibarkan bendera Palestina dalam laga menghadapi tim Islandia, KR Reykjavik.

Alasan Kenapa Fans Celtic Kibarkan Bendera Palestina di Kualifikasi Liga Champions!belfastlive.co.uk

Aksi tersebut adalah bentuk protes terhadap penyerangan pasukan militer Israel ke Gaza. Konflik tujuh pekan itu memakan korban lebih dari 2.000 nyawa, yang antara lain 2.200 orang Palestina dan 73 warga Israel.

Jika ditotal, Celtic telah didenda lebih dari161,000 Dollar Amerika akibat tindakan suporternyat sendiri. Tindakan-tindakan selain mengibarkan bendera Palestina antara lain, menggunakan kembang api, poster yang dilarang dan tingkah laku kurang teruji. Dalam lima tahun terakhir, sudah delapan kali Celtic menerima hukuman UEFA.

Baca Juga: Kamu Bakalan Ngakak Liat 32 Ekspresi Unik Pemain Sepakbola Dunia Ini yang Terekam Kamera Secara Tidak Sengaja!

Topic:

Berita Terkini Lainnya