31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga!

Sampai jumpa di Tokyo 2020!

Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil telah mencapai penutupan. Minggu (21/8) malam waktu setempat menjadi hari terakhir pertandingan sekaligus acara penutupan Olimpiade di Negeri Samba. 16 hari berlangsung dalam pagelaran ke-31-nya, Olimpiade mencatatkan banyak sejarah. Bukan hanya itu, tapi juga momen-momen menarik.

Mulai dari rekor, momen menyentuh, menegangkan dan membahagiakan. Nah, IDNtimes telah merangkum 31 foto untuk merayakan Olimpiade ke-31 di dunia ini!

1. Penyalaan obor besar saat pembukaan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di Stadion Maracana, 5 Agustus!

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! olympic.org

2. Saudara kembar yang berlomba dalam cabang lari membuat kejutan dengan berlari sambil bergandengan saat mendekati garis akhir.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Alexander Hassenstein / Getty Images via

3. Seorang relawan yang menjadi petugas keamanan dalam lomba renang terlihat kebosanan. Dirinya banyak menjadi meme di dunia maya karena 'petugas keamanan kolam' menjaga para perenang profesional.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! New York Times via dailymail.co.uk

4. Usain Bolt sempat melihat ke arah kamera saat unggul jauh atas pelari lainnya dalam semifinal lomba lari 100 meter.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Cameron Spencer / Getty Images via Buzzfeed.com

5. Perbedaan budaya tidak mendiskriminasikan para atlet. Dalam voli pantai putri, atlet asal Mesir Doaa Elghobashy dan pemain Jerman Kira Walkenhorst saling berhadapan dengan penampilan yang kontras.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Reuters via Dailymail.co.uk

6. Simone Biles mencetak sejarah baru sebagai atlet termuda tapi meraih empat medali emas. Awalnya dipandang sebelah mata, kini jadi perhatian semua orang.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Mike Groll / AP via news.com.au

7. Michael Phelps yang dikejar oleh perenang Chad le Clos. Phelps unggul dalam renang 200 meter gaya kupu-kupu.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Getty Images via dailymail.co.uk

8. Perenang putri Amerika Serikat, Katie Ledecky yang unggul 12 detik atas perenang lainnya dalam lomba gaya bebas 800 meter.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Getty Images via dailymail.co.uk

9. Dalam lari 400 meter putri, Shaunae Miller menjatuhkan diri agar lebih cepat menyentuh garis akhir saat menghadapi pelari Allyson Felix. Alhasil, Miller berhasil meraih medali emas bagi Bahamas.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! AP via Dailymail.co.uk

10. Perenang 'ceria' Tiongkok, Fu Yuanhui menjadi atlet paling imut dengan ekspresinya yang beragam. Di bawah ini adalah saat meraih medali perunggu dalam cabang renang 100 meter.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Stefan Wermuth / Reuters via buzzfeed.com

11. Meskipun hubungan negara asal mereka buruk, atlet Korea Selatan Lee Eun-ju dan Hong Un Jong asal Korea Utara lupakan semua itu dan ber-selfie dalam pertemuan pertama mereka.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Dylan Martinez / Reuters via Buzzfeed.com

12. Solidaritas. Sebuah kata yang gambarkan pertolongan atlet Selandia Baru, Nikki Hamblin saat lomba lari 5.000 meter. Hamblin membantu atlet Amerika Serikat Abbey D'Agostino yang mengalami cedera.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Ian Walton / Getty Images via buzzfeed.com

13. Atlet asal Tiongkok bukan hanya mendapat medali, tapi juga cincin emas dari pacar yang melamarnya usai lomba! Dia terima lamaran itu!

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! standard.co.uk

14. Atlet lari Britania Raya, Mo Farah berhasil meraih medali emas dalam cabang 10.000 meter. Dirinya berhasil dua medali sekaligus dalam Olimpiade Rio.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Getty Images via dailymail.co.uk

15. Atlet Laurine van Riessen harus membuat panik penonton saat bersaing dengan pebalap Virignie Cueff. Keduanya hampir melewati batas lintasan!

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Reuters via Dailymail.co.uk

Baca Juga: 15 Atlet Wanita Olimpiade Ini Akan Membuatmu Jatuh Hati Karena Pesona Mereka!

16. Usai menang di lari 10.000 meter, Farah kembali meraih emas dalam cabang 5.000 meter. Kebanggan ditunjukkan sambil membawa bendera Britania Raya.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Andy Hooper / dailymail.co.uk

17. Lokasi lomba renang yang tercemar akibat salah satu kolam tidak sengaja dituangi cairan misterius. Air dalam kolam berubah jadi hijau dalam hitungan detik.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Antonio Bronic / Reuters via buzzfeed.com

18. Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic menangis usai kalah dalam babak pertama cabang tenis putra saat mewakili negaranya, Serbia. Djokovic kalah dari petenis Juan Martin Del Potro.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! bookmyshow.com

19. Hujan deras menyeliputi lomba lari rintangan dalam jarak 100 meter. Para atlet pun berusaha keras hadapi hujan deras sembari melompati pagar rintangan.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! AP via dailymail.co.uk

20. Atlet bersaudara Alistair dan Jonathan Brownlee terbaring di lantai saat masing-masing meraih medali emas serta perak dalam cabang Triathlon (Renang, Sepeda dan Lari). Kakak beradik ini wakili Britania Raya.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! AP via dailymail.co.uk

21. Meski gagal dalam cabang angkat besi 105 kilogram putra, atlet asal Kiribati, Davi Katoatau masih menjadi favorit publik karena keceriaan dan tariannya. Bahkan saat tidak berhasil dalam cabang tersebut, dirinya tetap menari!

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Mike Groll / AP via news.com.au

22. Pelatih gulat Mongolia membuka bajunya sebagai tanda protes terhadap hasil perebutan medali perunggu saat anak asuhnya, Mandakhnaran Ganzorig kalah dari atlet Uzbekistan, Ikhtiyor Navruzov.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Laurence Griffiths / Getty Images via buzzfeed.com

23. Atlet Jepang, Saori Yoshida menangis usai dikalahkan pegulat Amerika Serikat Helen Maroulis dalam cabang 53 kg. Kontras, saat pemberian medali, Yoshida keluarkan air mata kesedihan, sementara Helen bahagia.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Mariana Bazo / Reuters via buzzfeed.com

24. Medali emas pertama bagi tim nasional Brasil dalam cabang sepak bola. Kapten tim, Neymar Jr sendiri yang jadi eksekutor penalti terakhir saat menghadapi Jerman di partai final. Haru dan bahagia bercampur dalam final tersebut.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! olympic.org

25. Mewakili Britania Raya, petenis Inggris, Andy Murray berhasil meraih medali emas dalam cabang tunggal putra Olimpiade 2016.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Getty Images via dailymail.co.uk

26. Haru dan bangga. Dalam ajang terakhir sebelum pensiun, atlet Kolumbia, Oscar Albeiro Figueroa Mosquera dalam cabang angkat besi 62 kg. Oscar juga melepas sepatu usai meraih medali emas sebagai tanda perpisahan.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! buzzfeed.com

27. Kebanggaan seorang putra terhadap ibunya. William Savola memegang medali emas sang ibu, Kritin Armstrong yang menjuarai lomba balap sepeda tunggal putri.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! Bryn Lennon / Getty Images via buzzfeed.com

28. Atlet pertama yang berikan medali bagi Indonesia! Lifter putri, Sri Wahyuni yang berhasil meraih medali perak bagi negara dalam cabang angkat besi 48 kg.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! jawapos.com

29. Setelah Sri, Eko Yuli Irawan sukses menyumbangkan medali perak dalam cabang angkat besi putra untuk kelas 62 kg.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! google.com

30. Pada hari kemerdekaan, 17 Agustus, ganda campuran Indonesia dalam cabang bulu tangkis, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mempersembahkan medali emas bagi Indonesia. Hadiah ulang tahun ini diberikan usai kalahkan ganda Malaysia.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! humas.banyuasinkab.go.id

31. Penutupan Olimpiade Rio yang menghadirkan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Empat tahun mendatang, tepatnya 2020, Olimpiade akan diadakan di Tokyo.

31 Foto Paling Ikonik Olimpiade Rio 2016 yang Akan Buat Kamu Gregetan, Terharu dan Bangga! si.com

Sampai jumpa di Olimpiade 2020, Tokyo!

Baca Juga: Indonesia Pemberi Bonus Medali Emas Terbesar Kedua di Olimpiade!

Topik:

Berita Terkini Lainnya