Comscore Tracker

Pemilik Situs Ilegal Kickass Torrent Tertangkap Setelah Coba Beli Lagu Secara Legal

Ironinya...

Pernahkah kamu men-download atau unggah film, serial televisi, game sampai lagu secara ilegal di sebuah situs bernama Kick-ass atau disingkat KAT? Kamu yang sering mengunggah secara ilegal pasti tidak asing lagi dengan situs-situs seperti KAT. Namun, Rabu (20/7), kejutan terjadi setelah pemilik situs ke-69 yang paling sering dikunjungi ini tertangkap di Polandia.

Seperti dikutip dari TechCrunch, pria bernama Artem Vaulin (30) memang telah jadi incaran kepolisian dan intelijen Amerika Serikat setelah dianggap melarang banyak hak cipta. Vaulin akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Vaulin dan KAT yang merajalela di internet.

Pemilik Situs Ilegal Kickass Torrent Tertangkap Setelah Coba Beli Lagu Secara Legalsputniknews.com

Sejak 2008, menurut catatan Departemen Keadilan Amerika Serikat, KAT telah menjadi wadah bagi orang-orang yang ingin mengunduh serta mengunggah apapun secara gratis. KAT menjadi server di berbagai negara yang selama ini 'menyelamatkan' Vaulin dari kejaran polisi. Enam tahun kemudian, KAT berhasil mengalahkan Pirates Bay, situs ilegal serupa, dengan 50 juta pengunjung aktif setiap harinya.

Downloader dari berbagai belahan dunia pun mengunjungi situs yang sediakan berbagai 'kebebasan' untuk akses segala jenis tontonan. Delapan tahun kejayaan KAT, Vaulin dianggap mencuri dan merugikan industri hiburan sebesar satu miliar Dollar Amerika atau setara 13,1 triliun rupiah. Vaulin juga akan dihukum dengan pasal berlapis, antara lain kejahatan atas hak cipta dan pencucian uang dalam jumlah besar.

Menurut Asisten Jaksa Leslie R Caldwell, Vaulin 'cerdik' karena selama ini dirinya telah beberapa kali terlacak melakukan pelanggaran hak cipta. Tindakannya membajak industri hiburan ini telah dikejar sejak KAT mulai 'terkenal'. Vaulin juga selalu memindahkan domainnya ke server yang lain. Caldwell mengatakan tertangkapnya pria asal Ukraina itu menunjukkan tidak ada yang bisa lolos di internet yang begitu luas.

Baca Juga: 11 Website yang Membuat Kamu Para Pecinta Buku Merasa Ada di Surga

Ironi dalam tertangkapnya Vaulin di Polandia.

Pemilik Situs Ilegal Kickass Torrent Tertangkap Setelah Coba Beli Lagu Secara Legaltechspot.com

Akan tetapi, yang menjadi perbincangan publik adalah ironi dalam tertangkapnya Vaulin. Pada Selasa malam waktu setempat, Vaulin ternyata sedang tidak melakukan aktivitas ilegalnya. Justru, Vaulin baru saja membeli sebuah lagu secara legal di toko lagu online, iTunes.

Naas, setelah membeli dengan akun pribadinya, Vaulin justru membuka fan page Facebook KAT sendiri. Dari situ, terlacak oleh iTunes bahwa Vaulin yang baru saja membeli lagu adalah admin dari Facebook KAT. ITunes yang telah mendapat informasi terkait pelacakan Vaulin pun melaporkan temuan mereka ke intelijen Amerika.

KAT sebagai situs paling 'berharga dan berbahaya'.

Pemilik Situs Ilegal Kickass Torrent Tertangkap Setelah Coba Beli Lagu Secara Legalvisir.is

Persidangan Vaulin masih ditunda karena dirinya masih dalam proses ekstradisi dari Polandia ke Amerika Serikat. KAT secara konsisten telah menyediakan film-film yang bahkan masih berada di bioskop. Nilai jual KAT secara keseluruhan adalah 54 juta Dollar Amerika atau setara 707 miliar rupiah. Angka tersebut merupakan raihan iklan sebesar 12,5 juta sampai 22,3 juta Dollar Amerika atau setara 163,7 miliar sampai 292,1 miliar rupiah.

Kemudian, situs KAT pun telah tersedia dalam 28 bahasa. Perpindahan dari satu server ke lainnya telah dilacak oleh berbagai negara, antara lain Inggris, Irlandia, Italia, Denmark, Belgia dan Malaysia. KAT pun telah mengganti domain situs mereka dengan kickasstorrents.com, kat.ph, kickass.to, kickass.so dan kat.cr.

Saat ini situs KAT, kat.cr pun sudah tidak bisa diakses. Kamu sendiri yang suka download di KAT jangan bersedih ya.

Baca Juga: Mahasiswa WAJIB Tahu: 14 Situs yang Diam-diam Bisa Bikin Skripsimu Cepat Kelar!

Topic:

  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya