Hati-hati, Pokemon Go Bisa Ambil Seluruh Informasimu Ketika Log In!

Bahaya!

Pengguna Google atau Android menemukan hal mengejutkan dari game yang sedang digandrungi saat ini, Pokemon Go. Ya, pemain Pokemon Go yang masuk atau log in menggunakan akun Google, secara otomatis memberikan akses penuh kepada Niantic Labs terhadap data di akun mereka. Seperti dikutip dari Polygon, seorang pria yang bekerja di perusahaan penganalisa keamanan, Adam Reeve temukan bahwa produsen Pokemon Go membuat pengaturan tersebut sebagai default.

Tidak ada pilihan untuk izinkan "full account access".

Hati-hati, Pokemon Go Bisa Ambil Seluruh Informasimu Ketika Log In!gottabemobile.com

Ketika game tersebut dibuka, maka pemain diwajibkan log in atau masuk dengan dua pilihan. Adalah dengan Google atau membuat akun baru melalui Pokemon Trainer Club. Namun, situs yang diperuntukkan untuk membuat akun di klub Pokemon Trainer itu sedang dalam masa perbaikan, maka tidak dapat diakses.

Mau tidak mau orang-orang pun menggunakan akun Googlenya untuk log in. Namun, setelah masuk lewat email pribadi kita, tidak keluar pilihan untuk menyetujui Niantic mengakses akun secara penuh. Maka, disimpulkan bahwa secara otomatis perusahaan telah membuat pemain setuju agar data dalam akun pribadinya itu diakses.

Namun, Adam mencoba untuk mengutak-atik akses keamanan akun untuk Pokemon Go yang menggunakan Google. Adam menemukan pilihan Pokemon Go punya akses menyeluruh ke akun Google kita. Hal tersebut bisa diartikan Pokemon Go bisa membaca setiap email yang masuk, mengirim email dengan akun kita, melihat dokument dari Google Drive, mengetahui lokasi-lokasi yang pernah kita kunjungi sampai akses foto-foto pribadi kita. Mengejutkan bukan?

Baca Juga: 13 Trik Rahasia Main Pokémon Go Supaya Kamu Makin Puas Berburu Pokémon

Hati-hati, Pokemon Go Bisa Ambil Seluruh Informasimu Ketika Log In!mirror.co.uk

Pokemon Go secara tidak langsung, dapat dikatakan menjadi pemilik kedua dari akun kita. Hal tersebut membuat Google sendiri angkat bicara untuk mengingatkan para pemilik akun lebih berhati-hati. Pengguna Android bisa langsung mengganti dalam settings.

Hal serupa juga terjadi pada pemilik ponsel iOS. Mereka bahkan tidak memiliki opsi untuk mengganti atau menghilangkan pilih "full account access".

Pembelaan pihak Niantic Labs.

Hati-hati, Pokemon Go Bisa Ambil Seluruh Informasimu Ketika Log In!telegraph.co.uk

Setelah unggahan Adam Reeve, pihak Niantic Labs mulai menjadi sorotan dan mengundang banyak pertanyaan. Niantic Labs pun mengungkapkan kalau Pokemon Go hanya mengakses informasi dasar pada akun Google yang telah dijadikan profil game. Menurut perusahaan Pokemon Go tidak mendapat akses yang informasi pemain secara menyeluruh seperti yang diberitakan.

Namun, menurut perusahaan, kalau benar-benar terjadi, berarti hal tersebut merupakan error dari game dan sedang diperbaiki. Kemudian, Niantic juga mengaku telah bekerjasama dengan Google sendiri untuk mengatasi error tersebut. Google akan mengurangi izin akses data akun yang telah log in dalam game.

Nah, apakah kamu pengguna Android yang log in dengan akun Google? Kamu harus coba cek apakah telah tercentang "Full Access" atau tidak.

Baca Juga: Pria Ini Diputusin Pacarnya Karena Ketahuan Main Pokemon Go di Rumah Mantan!

Topik:

Berita Terkini Lainnya