Menko Luhut Terima Penghargaan dari Presiden Singapura

Penyematan penghargaan dilakukan di Istana Singapura

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menerima bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang dari Presiden Singapura Halimah Yakob di Istana Singapura, Senin (5/6/2023).

Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang diberikan karena Luhut dinilai berkontribusi besar bagi meningkatnya hubungan di antara kedua negara.

Acara penyematan bintang kehormatan tersebut dihadiri Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Luar Negeri Vivian Balakhrisnan, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryopratomo, dan Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng.

Sementara dari pihak keluarga, dihadiri istri Devi Simatupang, putra kedua David Pandjaitan, serta menantu pertama Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Maruli Simandjuntak.

Baca Juga: Usul Setop Ekspor Gas Alam Cair, Luhut Siapkan Laporan ke Jokowi

1. Menko Luhut pernah menjadi Dubes di Singapura

Menko Luhut Terima Penghargaan dari Presiden SingapuraMenko Luhut mendapatkan penghargaan bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Istimewa)

Menko Luhut pernah menjadi Duta Besar (Dubes) di Singapura pada periode 1999-2000. Luhut mampu menyelesaikan kesepakatan di antara kedua negara yang tertahan sekitar 16 tahun.

"Luhut bisa menyelesaikan kesepakatan antara Indonesia dan Singapura dalam persoalan Flight Information Region, Defence Cooperation Agreement, serta Extradition Treaty," kata Direktur Jenderal Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Singapura, Chaterine Wong, yang membacakan dasar pertimbangan pemberian bintang kehormatan.

Baca Juga: Usul Setop Ekspor Gas Alam Cair, Luhut Siapkan Laporan ke Jokowi

2. Luhut sampaikan terima kasih

Menko Luhut Terima Penghargaan dari Presiden SingapuraLuhut sampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Singapura (IST)

Penyelesaian tiga kesepakatan tersebut memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan hubungan di antara dua negara. Selain itu, masih banyak hal lain yang disumbangkan Luhut saat menjabat Dubes Indonesia di Singapura.

Saat bertemu Wakil Perdana Menteri (PM) Singapura Lawrence Wong di Kementerian Keuangan, Luhut menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

"Penghargaan ini bukan hanya untuk Saya dan keluarga, tetapi juga untuk bangsa Indonesia," ujar Luhut.

Baca Juga: Ajak Investor Singapura ke IKN, Luhut Todong Realisasi Investasi

3. Ajak Singapura meningkatkan kerja sama

Menko Luhut Terima Penghargaan dari Presiden SingapuraMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Evaluasi Aksi Afirmasi Peningkatan Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Dalam Rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Jakarta Convention Center, Selasa (24/5/2022). (dok. Kemenko Marves)

Selain itu, Menko Luhut mengajak Singapura meningkatkan kerja sama antara dua negara. Termasuk bagaimana kerja sama untuk memberikan kontribusi bagi penurunan emisi gas buang.

"Saya kira kita jangan hanya berhenti pada tataran wacana. Indonesia dan Singapura bisa mengambil inisiatif untuk bekerja bersama-sama seperti dalam merealisasikan global blended finance yang berguna bagi upaya nyata untuk menurunkan CO2," jelas Luhut.

Wakil PM Singapura pun mendukung ide tersebut, dan berharap tim teknis dari kedua negara bisa berdiskusi lebih lanjut untuk mendetailkan langkah yang bisa segera dilakukan.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya