Comscore Tracker

Di Balik Kesan Karismatiknya, Fidel Castro Ternyata Bergelimang Harta dan Wanita

Memiliki pulau pribadi hingga dikelilingi banyak wanita cantik

Mendiang pemimpin revolusi Kuba, Fidel Castro dianggap sebagai sosok yang sederhana dan merakyat. Tak seperti pemimpin negara lain yang hidup dengan berbagai fasilitas mewah, rakyat Kuba meyakini bahwa ikon revolusi mereka adalah sosok proletar atau akrab dengan golongan bawah. Nyatanya, Castro justru diyakini jauh dari kesan yang selama ini melekat padanya. Dia memiliki banyak rumah mewah, yacht, hingga pulau pribadi. Hal ini ditulis oleh mantan pengawal pribadinya, Juan Reinaldo Sanchez, dalam sebuah buku berjudul "The Double Life of Fidel Castro" pada 2014 lalu.

Memiliki 20 properti mewah. 

Di Balik Kesan Karismatiknya, Fidel Castro Ternyata Bergelimang Harta dan WanitaBoris Spremo/Getty Images via huffingtonpost.com

Dikutip dari Newyorkpost.com, dalam buku itu Fidel Castro disebut memiliki 20 properti mewah di wilayah sekitar Karibia. Untuk mengunjungi properti-properti tersebut, dia diyakini memiliki beberapa kapal pesiar mewah atau Yacht. Tak hanya rumah, Castro juga memiliki beberapa pulau pribadi.

Pernah masuk dalam Forbes. 

Di Balik Kesan Karismatiknya, Fidel Castro Ternyata Bergelimang Harta dan WanitaAP via dawn.com

Banyak pengamat barat yakin bahwa pria yang berjuluk El Comandante itu telah mengeruk dana dari perusahaan-perusahaan barat yang ada di Kuba untuk kekayaan pribadi. Bahkan, majalah The Forbes pernah menempatkan Castro sebagai salah satu pemimpin terkaya pada 2006 lalu. Namun, Castro menyanggah predikat itu. Dia mengklaim bahwa gajinya hanya £20 atau Rp 335.000 per bulan.

Kekayaan Castro mencapai Rp 1,68 triliun.

Di Balik Kesan Karismatiknya, Fidel Castro Ternyata Bergelimang Harta dan Wanitaliberationnews.org

Adapun dilansir dari Daily Mail, Sanchez, dalam buku itu juga menulis bahwa kekayaan Castro mencapai £ 100 juta atau sekitar Rp 1,68 triliun. Juan juga menyebut bahwa Castro memiliki hobi memancing ikan di sebuah pulau pribadi miliknya. 

Fasilitas hiburan pribadi. 

Di Balik Kesan Karismatiknya, Fidel Castro Ternyata Bergelimang Harta dan WanitaClaudia Daut/Reuters via thedailybeast.com

Castro juga mengatur rumahnya sebagai tempat hiburan yang bersifat pribadi. Mulai dari lapangan bowling di atap rumah hingga Sauna ada di dalam rumahnya. Bahkan, akibat takut diracun oleh para musuh, Castro memiliki peternakan sendiri untuk memenuhi kebutuhan daging dan susu sapi.

Penakluk wanita. 

Di Balik Kesan Karismatiknya, Fidel Castro Ternyata Bergelimang Harta dan WanitaDaily Mail

Selama hidupnya, Castro berusaha menyembunyikan keberadaan istrinya. Namun, beberapa kabar perselingkuhannya sempat terpublikasi. Bahkan, dia diyakini memiliki sembilan anak dari empat kali pernikahannya. Castro juga seroang penakluk wanita yang ulung. Wanita yang jatuh ke pelukannya pun berasal dari hampir semua ras yang ada di Kuba.

Baca juga: Catatan Kelam Fidel Castro: Sempat Bangun Penjara Ala Nazi untuk Komunitas Gay

Topic:

Berita Terkini Lainnya