Comscore Tracker

5 Fakta Dubes Australia untuk Indonesia, Penny Williams

Penny Williams Dubes baru Australia untuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pada hari Rabu (1/9/2021), Penny Williams PSM Resmi menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia yang baru menggantikan Gary Quinlan AO. Dikutip dari laman resmi Kedutaan Besar Australia, Dubes Williams telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada hari Kamis (2/9/2021), Dubes Penny Williams menyampaikan perasaan senangnya menjadi Duta Besar Australia untuk Indonesia dalam bentuk video pendek di akun twitternya. Selain menyampaikan perasaan senangnya dia juga mengisahkan kembali pengalamanya ketika berada di Indonesia. Video yang berdurasi tidak sampai 2 menit ini, memberikan fakta menarik tentang beliau.

Berikut adalah 5 fakta tentang Dubes Penny Williams.

1. Fasih berbahasa Indonesia

Dalam videonya, Dubes Williams menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan lancar. Ungkapan-ungkapan rasa senang dan rindu dapat digunakan secara baik oleh beliau, seperti "Seperti pulang kampung", dan "Terima kasih Indonesia atas sambutan hangatnya".

Kefasihan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai tanda kedekatanya terhadap Indonesia. Ketika remaja, dia menceritakan pernah belajar dan tinggal bersama keluarga Indonesia selama satu tahun, dan ketika kuliah dia memfokuskan kajianya tentang Indonesia. Jadi, wajar saja jika dia dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

2. Sudah ditunjuk sebagai duta besar sejak bulan April lalu

Jauh sebelum menjadi duta besar, nama Penny Williams sudah muncul sejak bulan April sebagai kandidat Duta Besar Australia untuk Indonesia. Berita yang dipaparkan oleh Mcllroy menjadi kenyataan setelah Penny Williams secara resmi memberikan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada hari Rabu lalu (1/9/2021).

3. Tercatat dalam sejarah sebagai wanita pertama menjabat sebagai Dubes Australia untuk Indonesia

Informasi pada laman resmi Departement of Foreign Affairs and Trade  (DFAT) menyebutkan bahwa Penny Williams PSM adalah wanita pertama yang ditugaskan untuk menjadi Duta Besar Australia untuk Indonesia. Penunjukan Penny Williams sebagai Duta Besar oleh Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, merupakan perwujudan komitmen pemerintah Australia untuk menunjang karir kaum wanita di kancah perpolitikan.

Dilansir dari laman resmi pemerintahan Australia, program dan kebijakan pemerintahan Australia untuk wanita dinamai dengan Office for Women. Program ini mengutamakan 4 hal, yaitu kemakmuran wanita, keamanan bagi wanita dan anak, dan dukungan terhadap keadilan gender pada tingkat internasional.

Baca Juga: Jokowi Terima Surat Kepercayaan 4 Dubes Negara Sahabat di Istana

4. Bekerjasama dengan Indonesia dalam tiga hal

5 Fakta Dubes Australia untuk Indonesia, Penny WilliamsPenny Williams berdiri di samping Presiden Joko Widodo seusai acara penyerahan surat kepercayaan dari Dubes Australia ke Presiden Indonesia. (twitter.com/DubesAustralia)

Pada satu menit terkahir dalam videonya, Dubes Williams memaparkan komitmenya dengan Indonesia pada tiga hal. Pertama, menangkal pandemi COVID-19 bersama-sama. Kedua, membangun hubungan yang lebih kuat antara Indonesia dengan Australia. Ketiga, membangun hubungan ekonomi yang lebih kuat untuk kemakmuran rakyat Indonesia. 

Sampai saat ini pemerintah Australia sudah membantu Indonesia dengan mengirimkan 500.000 dosis vaksin, 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen & 20.000 alat uji rapid antigen, dalam cuitan Dubes Australia mengutip Marise Payne pada Jumat (3/9/2021) di twitter.

5. Kunjungan kerja pertama ke Prabowo Subianto

5 Fakta Dubes Australia untuk Indonesia, Penny WilliamsDubes Penny Williams berkunjung ke Kemhan RI, Parbowo Subianto, Jumat (3/9/2021). (twitter.com/Kemhan_RI)

Hari Jumat (3/9/2021), Dubes Australia untuk Indonesia mengunjungi kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan bertemu dengan Prabowo Subianto. Ini adalah kunjungan kerja pertama Dubes setelah resmi menjabat Dubes Australia untuk Indonesia Rabu lalu. Kunjungan tersebut adalah kunjungan perkenalan sebagai Dubes baru dan juga membahas agenda pertemuan antara Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri dari kedua negara, yaitu Indonesia dan Australia.

"Menhan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Dubes Australia utk Indonesia yang baru, HE Miss Penny Williams di Kantor Kemhan, sbg kunjungan perkenalan & membahas persiapan pertemuan 2+2 yaitu antara Menteri Pertahanan dan Menlu kedua negara yg akan segera diselenggarakan", tweet @Kemhan_RI, Jumat (3/9/2021).

Inilah 5 fakta tentang Dubes Australia untuk Indonesia yang baru. Semoga dengan diangkatnya Penny Wiiliams kerja sama antara Indonesia dan Australia semakin kuat. 

Baca Juga: Jokowi Terima Surat Kepercayaan 4 Dubes Negara Sahabat di Istana

Fakron Jamalin Photo Writer Fakron Jamalin

Manusia fakir ilmu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya