Hargai Umat Islam, Ini yang Dilakukan Profesor di Amerika

Padahal ia seorang non-muslim lho.

Indahnya toleransi, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan kebijakan yang diambil oleh Dr. Bryan White. Ia adalah seorang profesor Biologi di University of Washington Bothell, seperti dilansir Q13 News.

1. Profesor non-muslim ini membuat kebijakan yang mencengangkan.

Hargai Umat Islam, Ini yang Dilakukan Profesor di Amerikauwb.edu

Ramadan kali ini bertepatan dengan ujian akhir di University of Washington Bothell. Menyikapi ini, Dr. Bryan White memutuskan untuk membuat dua waktu ujian agar mahasiswa muslimnya bisa berbuka terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal ujian.

2. Semua berawal dari simpatinya pada mahasiswa muslim di Ramadan tahun lalu.

Hargai Umat Islam, Ini yang Dilakukan Profesor di Amerikabothell-reporter.com

Tahun sebelumnya ia melihat performa yang kurang maksimal pada mahasiswanya yang muslim. Setelah ditanyai, mereka mengatakan sulit berkonsentrasi saat lapar. Sebagai ahli biologi, dia menyadari tentang vitalnya hubungan makanan dan fungsi mental, untuk itu dia menyediakan sesi tambahan waktu ujian setelah berbuka.

Baca Juga: Inspirasi Ramadan: Meski Umat Kristiani, Aku Ikut Puasa Penuh

3. Banyak dipuji, aksi ini ditiru profesor lain.

Hargai Umat Islam, Ini yang Dilakukan Profesor di Amerikawashington.edu

Aksi Bryan White menuai pujian, terutama dari kelompok lokal bernama MAPS (Many Cultures One Community) karena dianggap telah mempromosikan keberagaman, mengapresiasi perbedaan budaya dan mendukung minoritas. Dua profesor lain pun menyambut baik kebijakan ini. 

Seharusnya, mulai tanggal 8 Juni 2017 ini diselenggarakan ujian reguler pada jam 8.45 hingga 10.45, maka kini mahasiswa bsia memilih untuk mengikuti sesi kedua pada pukul 22.00-00.00. Sejauh ini sudah ada 10 persen mahasiswa yang memilih sesi kedua.

Aksi Bryan White perlu kita contoh, meski non muslim dan menjadi mayoritas ia tak segan memberikan kebijakan yang menguntungkan minoritas demi menghargai keyakinan mereka. 

Baca Juga: 7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!

Topik:

Berita Terkini Lainnya