Comscore Tracker

Kejam, Enam Orang Ditemukan Mati Tergantung di Jembatan Meksiko

Akibat kekerasan geng narkoba

Sebuah kabar mengerikan datang dari Meksiko dimana enam orang laki-laki ditemukan meninggal dunia dengan tubuh tergantung di tiga jembatan berbeda. Menurut pihak berwajib setempat hal tersebut terjadi pada hari Rabu (20/12/2017) di dekat sebuah resort turis Los Cabos, Baja.

Apakah yang menjadi penyebabnya? Berikut ulasannya.

Dicurigai Akibat Kekerasan Geng Narkoba

Kejam, Enam Orang Ditemukan Mati Tergantung di Jembatan MeksikoReuters via Daily Mail

Pihak berwajib setempat tidak memberikan detail tentang apa yang sebenarnya terjadi terhadap para korban tersebut, namun dilansir dari The Guardian, disebutkan jika gang narkoba di Meksiko sering membunuh dan menggantung korbannya di muka umum.

Hal tersebut dilakukan sebagai intimidasi terhadap geng saingannya. Kekerasan yang disebabkan geng narkoba sendiri telah menjadi hal yang paling mematikan tahun 2017 di Meksiko di era modern ini.

Dari ke enam korban ini sendiri, dua korban ditemukan di sebuah jembatan Las Vegas dekat Los Cabos International Airport, dan sisanya ditemukan di dua jembatan jalan raya berbeda yaitu  antara Cabo San Lucas dan San Jose del Cabo, kata jaksa setempat dalam sebuah pernyataan.

Negara dengan Tingkat Aksi Kriminal yang Sangat Tinggi

Kejam, Enam Orang Ditemukan Mati Tergantung di Jembatan Meksikopalacio.bellasartes.gob.mx

Menurut seorang pegawai resmi dari kantor kejasaan yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan jika tubuh para korban tersebut telah diangkat dari tempat kejadian perkara. Tindakan kriminal sendiri semakin meningkat di Baja California, khususnya di sekitar resort Los Cabos yang sering menjadi tujuan wisata jutaan turis asing. Bahkan minggu lalu, seorang kepala polisi Los Cabos ditembak mati oleh kriminal.

Meksiko sendiri menjadi negara paling banyak terjadi tindakan kekerasan, apalagi dengan bangkitnya kartel generasi baru dari Jalisco yang merupakan salah satu kartel paling kuat di negara tersebut. Tak hanya itu saja, persaingan antar kelompok kriminal lainnya pun meningkatkan tingkat pembunuhan di Meksiko.

Aksi Pembunuhan Meningkat Tajam Tahun Ini

Kejam, Enam Orang Ditemukan Mati Tergantung di Jembatan Meksikotheguardian.com

Tindakan kriminal lainnya pun terjadi di daerah negara bagian utara Chihuahua, pihak berwenang setempat menyebutkan 12 orang terbunuh dalam bentrokan antara kelompok bersenjata. Gubernur negara bagian Baja California, Carlos Mendoza Davis menyebutkan bahwa pihak berwajib sedang melakukan investigasi insiden dekat Los Cabos tersebut.

Dalam cuitan Twitternya, dia mengatakan mengutuk aksi kekerasan tersebut dan mengajak masyarakatnya untuk bersatu, “I condemn these acts and any expression of violence. Today more than ever in #BCS we should be united.”

Aksi pembunuhan telah menjadi dua kali lipat terjadi di Baja California tahun ini, 409 orang terbunuh hingga bulan Oktober lalu sedangkan pada tahun 2016 hanya terjadi 192 kasus. Pada bulan Juni, pihak berwajib bahkan menemukan sebuah kuburan masal yang berisi mayat 11 laki-laki dan 3 perempuan di dekat Los Cabos.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You