Comscore Tracker

KBRI di Seoul Gencarkan Bantuan untuk Para WNI di Korea Selatan

Jaga kesehatan ya teman-teman

Seoul, IDN Times - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Korea Selatan mendatangkan kekhawatiran tersendiri bagi pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul Korea Selatan. Pasalnya jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Korea Selatan tidaklah sedikit. Dilansir dari akun instagram resminya @KBRI_Seoul dengan mengusung #NegaraMelindungi, berikut beberapa upaya yang dilakukan KBRI Seoul untuk melindungi WNI di Korea Selatan:

1. Mendistribusikan lebih dari 30.000 masker kesehatan

KBRI di Seoul Gencarkan Bantuan untuk Para WNI di Korea Selataninstagram/kbri_seoul

Pada tanggal 29 Februari 2020 KBRI Seoul telah menerima kiriman masker kesehatan dari Indonesia sebanyak kurang lebih 18.000 masker. Selain dari KBRI Seoul, masker-masker tersebut merupakan bentuk bantuan dari banyak pihak seperti BNI 46, Kemnaker RI, Kadin Indonesia dan Garuda Indonesia. Masker-masker ini nantinya akan didistribusikan langsung kepada para WNI yang ada di Korea Selatan khususnya di wilayah Daegu dan sekitarnya yang merupakan wilayah dengan jumlah kasus terbanyak.

2. Membentuk posko bantuan agar lebih dekat dengan WNI

KBRI di Seoul Gencarkan Bantuan untuk Para WNI di Korea Selataninstagram/kbri_seoul

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa wilayah Daegu merupakan wilayah dengan jumlah kasus terbanyak, oleh karena itu pihak KBRI Seoul telah membentuk sebuah posko bantuan untuk para WNI di wilayah Aju yang hanya berjarak 53 km atau 45 menit dari pusat kota Daegu. 5 orang personil ditugaskan di Posko Aju untuk memberikan bantuan untuk para WNI. Tidak harus mendatangi langsung, tapi para WNI juga bisa menghubungi para personil yang ada di Posko Aju  melalui nomor hotline +82-10-3601-9980.

3. Mengirimkan bantuan makanan dan obat-obatan

KBRI di Seoul Gencarkan Bantuan untuk Para WNI di Korea Selataninstagram/kbri_seoul

Selain berusaha untuk selalu memperbarui kabar terkait WNI yang ada di wilayah Daegu dan sekitarnya, KBRI Seoul melalui tim posko aju juga giat mengirimkan bantuan kebutuhan harian pada para WNI. Bantuan-bantuan yang dikirimkan diantaranya makanan seperti beras, mie instan, makanan ringan dan juga air mineral. Selain itu masker kesehatan dan hand sanitizer juga tidak lupa untuk dibagikan agar WNI dapat melakukan tindakan pencegahan terhadap virus corona tersebut. 

Sejak tanggal 28 Februari 2020, pihak KBRI Seoul memutuskan untuk menutup layanan secara langsung dan hanya akan memberikan layanan melalui online sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Meskipun sedang tutup, dengan alasan keamanan pihak KBRI Seoul rutin mensterilisasi lingkungan kantor KBRI dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

KBRI di Seoul Gencarkan Bantuan untuk Para WNI di Korea Selatan(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Termasuk Virus Corona, Ini 7 Hewan yang Pernah Bawa Virus Mematikan

Gina Valerina Photo Writer Gina Valerina

@ginavalerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya