Keren! Anak Muda Rusia Ikut Rayakan Hari Sumpah Pemuda di Moskow

Wah, mereka ikut lomba pidato bahasa Indonesia juga lho!

Jakarta, IDN Times - Sejumlah pemuda Rusia ikut merayakan peringatan 92 tahun Sumpah Pemuda di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow, Rusia.

Dalam keterangan yang diterima IDN Times pada Rabu (28/10/2020), sejumlah pemuda Rusia itu ikut lomba menulis dan pidato berbahasa Indonesia yang diselenggarakan KBRI.

Para peserta lomba adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Rusia, yaitu Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Institute of Asian and African Studies of the Lomonosov Moscow State University (ISAA-MGU), Diplomatic Academy of the Ministry of Foreign Affairs of the Russian Federation, St. Petersburg State University, dan Kazan Federal University. Di perguruan tinggi tersebut diajarkan Bahasa Indonesia.

1. Peran pemuda sangat penting dalam hubungan Indonesia dan Rusia

Keren! Anak Muda Rusia Ikut Rayakan Hari Sumpah Pemuda di MoskowPara pemuda Rusia ikuti lomba pidato Bahasa Indonesia (26/10/2020) dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (Dok. KBRI Moskow)

Kuasa Usaha Ad Interim/Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi, mengatakan peran pemuda sangat besar dan penting dalam pengembangan hubungan kedua bangsa. Perhatian generasi muda Rusia terhadap Indonesia begitu besar. Tidak sedikit pemuda Rusia yang ingin mengetahui banyak tentang Indonesia, baik budaya maupun bahasanya. Mereka juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan KBRI Moskow.

“Salah satu contohnya adalah keikutsertaan para pemuda Rusia pada lomba pidato dan menulis Bahasa Indonesia. Selain itu, para pemuda Rusia juga datang ke KBRI Moskow untuk belajar Bahasa Indonesia, gamelan, dan tarian Indonesia,” kata Azis dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Lomba juga sebagai bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia. Oleh karena itu, tema lomba adalah Memaknai 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Rusia.

Baca Juga: Mengenal Tokoh-tokoh di Balik Sumpah Pemuda, Ada Kakek Dian Sastro!

2. Kerja sama di bidang kebudayaan dan pendidikan dinilai dapat memperkuat kedua negara

Keren! Anak Muda Rusia Ikut Rayakan Hari Sumpah Pemuda di MoskowPara pemuda Rusia ikuti lomba pidato Bahasa Indonesia (26/10/2020) dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda (Dok. KBRI Moskow)

Anastasia Sycheva, salah satu peserta dari ISAA-MGU dalam pidatonya menyampaikan dinamika dan peran penting hubungan Indonesia dengan Rusia. Menurut Anastasia, salah satu peran penting adalah peningkatan kerja sama di bidang budaya dan pendidikan.

“Kerja sama di bidang budaya dan pendidikan dapat menarik perhatian dan motivasi lebih banyak orang Indonesia dan Rusia dari berbagai lapisan masyarakat kedua negara untuk memperkuat kerja sama bilateral lainnya,” kata Anastasia, mahasiswi tingkat empat yang mendalami Bahasa Indonesia di universitasnya.

3. Banyak pemuda Rusia yang tertarik dengan budaya Indonesia

Keren! Anak Muda Rusia Ikut Rayakan Hari Sumpah Pemuda di MoskowPara pemuda Rusia mengenakan batik dan sampaikan ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda di sela-sela latihan Gamelan di KBRI Moskow (27/10/2020) (Dok. KBRI Moskow)

Anggota Sanggar Seni Gamelan Dadali KBRI Moskow, Yulia Ryzhaya, mengatakan pemuda masa kini selalu dapat menemukan waktu untuk pengembangan diri dan itu sangat bagus.

“Saya merasa senang melihat pemuda-pemuda Rusia tertarik dengan musik tradisional Indonesia,” kata Yulia yang mendalami gamelan sejak 2017.

Baca Juga: Sumpah Pemuda, Nadiem Minta Anak Muda Jawab Keresahan dengan Solusi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya