[BREAKING] Taliban Tunggu Penyerahan Kekuasan Afghanistan secara Damai

Taliban yang mulai masuki pinggiran Kabul masih menahan diri

Jakarta, IDN Times - Pimpinan Taliban dan Afghanistan disebut sedang bernegosiasi untuk mengalihkan kekuasaan secara damai. Taliban yang saat ini sudah menguasai hampir seluruh wilayah kekuasaan Afghanistan mengaku telah menahan diri untuk tidak melakukan kekerasan dan menawarkan keamanan bagi semua pihak yang ingin meninggalkan Kabul.

"Sampai proses transisi selesai, tanggung jawab keamanan Kabul ada di pihak lain (pemerintah Afghanistan)," kata juru bicara Taliban seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (15/8/2021).

Saat ini, Taliban telah mengusasi seluruh ibu kota Provinsi dan hampir seluruh kota besar di Afghanistan. Terakhir, Taliban berhasil menguasai Kota Jalalabad di Timur Afghanistan kemudian mulai memasuki pinggiran Kota Kabul.

Presiden Afghanistan Asraf Ghani, disebut sebuah sumber, tengah mempertimbangkan untuk mundur dari kekuasaannya. Ia dan keluarganya disebut bakal mengungsi ke sejumlah negara.

"Para pemimpin bertemu karena situasinya sangat buruk. Presiden masih memikirkannya dan ada kemungkinan dia muundur," kata sumber tersebut kepada News18.

Baca Juga: [BREAKING] Presiden Afghanistan Disebut akan Mengungsi dari Kabul

Topik:

  • Anata Siregar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya