4 Fakta Tentang Fabinho, Rekrutan Anyar Liverpool Asal Brasil

Liverpool langsung tancap gas sambut kompetisi musim 2018/19

Kenangan pahit kekalahan di final Liga Champions 2018, Minggu (27/5/2018) lalu, sepertinya sudah dibuang jauh-jauh oleh Liverpool. Liverpool langsung fokus memperkuat tim guna menghadapi kompetisi musim 2018/19 mendatang.

Nah, langkah pertama Liverpool langsung keren. The Reds berhasil mendapatkan Fabinho dari AS Monaco. Siapakah Fabinho ini?

Berikut fakta tentang pemain asal Brasil ini dan alasan mengapa dia bakal menjadi pemain penting Liverpool musim depan.

1. Dibeli dari AS Monaco dengan nilai transfer setara Rp 800 miliar

4 Fakta Tentang Fabinho, Rekrutan Anyar Liverpool Asal Brasilhttps://twitter.com/cindymonel/status/1001197729924681729

Liverpool mendapatkan Fabinho dari klub Prancis, AS Monaco. Media-media Inggris menyebut transfer Fabinho senilai 39 juta pounds, plus bonus yang akan ditambahkan bila penampilannya bagus. (Bila dirupiahkan kurang lebih Rp 800 miliar dengan kurs 1 pound kini Rp 18.900).

Di situs resmi klub, Liverpool mengonfirmasi bahwa pemain asal Brasil ini telah melewati serangkaian tes medis dan menyelesaikan dokumen kontrak di Melwood, pusat latihan Liverpool. Fabinho akan mulai bergabung dengan Liverpool pada 1 Juli mendatang, seperti dikutip dari Liverpoolfc.com.

"Saya sangat antusias dengan transfer ini. Saya bergabung dengan klub besar, klub yang bisa memenangi banyak gelar. Saya akan bertumbuh dan menjadi bagian dari sejarah klub ini," ujar Fabinho.

2. Jadi pemain penting di AS Monaco, diminati banyak klub besar, termasuk Arsenal

4 Fakta Tentang Fabinho, Rekrutan Anyar Liverpool Asal Brasilhttps://twitter.com/ESPNFC/status/897820243145482241

Di AS Monaco, pemain bernama asli Fabio Henrique Tavares ini merupakan pemain penting. Selama lima tahun membela Monaco, pemain kelahiran Sao Paulo Brazil ini telah tampil dalam 225 penampilan

Dia menjadi pemain penting ketika AS Monaco juara Ligue 1 Prancis di musim 2016/17 dengan tampil 34 kali (Dari total 38 kali satu musim) dan mencetak 12 gol.

Berkat peran besarnya di Monaco, Fabinho beberapa kali dihubungkan dengan klub top Eropa. Di antaranya Manchester United. Terbaru, Arsenal dikabarkan juga sempat mendekati Fabinho.

Ya, klub London ini ternyata beberapa kali mencoba merekrut Fabinho sebelum akhirnya keduluan oleh Liverpool, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

3. Baru berusia 24 tahun, bisa bermain di beberapa posisi

4 Fakta Tentang Fabinho, Rekrutan Anyar Liverpool Asal Brasilhttps://twitter.com/LFC/status/1001207423535865858

Liverpool bakal mendapatkan beberapa keuntungan dengan hadirnya Fabinho. Usianya masih muda, 24 tahun. Dia kelahiran 23 Oktober 1993. Dan, dia juga punya kelebihan yang tidak banyak dimiliki pemain lain. Fabinho merupakan pemain yang bisa bermain di beberapa posisi, seperti dikutip dari Bbc.com.

Posisi sejatinya adalah bek kanan. Namun, Fabinho juga piawai bermain sebagai pemain tengah. Karenanya, Fabinho sepertinya bakal diplot menggantikan Emre Can yang kontraknya berakhir di akhir musim 2017/18 ini.

"Dia punya kemampuan untuk bermain di level tertinggi di beberapa posisi. Dia bisa bermain di (Posisi) 'enam', 'delapan' dan 'dua'. Itu keren," ujar manajer Liverpool, Juergen Klopp.

4. Tak masuk Timnas Brasil di Piala Dunia 2018, bisa bergabung Liverpool lebih cepat

4 Fakta Tentang Fabinho, Rekrutan Anyar Liverpool Asal Brasilhttps://twitter.com/Roromeo_MUFC10

Sayangnya, meski bermain apik di AS Monaco, Fabinho tidak masuk dalam skuat Brasil di Piala Dunia 2018. Dia kalah bersaing dengan beberapa nama top seperti Casemiro dan Paulinho. Sejauh ini, Fabinho baru mencatat 4 penampilan (Caps) untuk Timnas Brasil.

Namun, di sisi lain, kabar itu bagus bagi Liverpool. Sebab, dia bisa bergabung lebih cepat dengan Liverpool. Situs resmi Liverpool menyebut dia akan bergabung per 1 Juli 2018. Andai tampil di Piala Dunia dan Brasil bisa melangkah jauh, Fabinho tentunya baru bisa bergabung pada akhir Juli atau bahkan awal Agustus.

Nah, dengan bisa bergabung lebih cepat, fans Liverpool pastinya berharap dia bisa langsung klik alias tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan Si Merah.

"Dia pemain yang cerdas. Saya yakin dia akan menambah kuat tim kami. Dan di usianya yang masih muda, dia akan bersemangat meraih banyak hal," ujar Klopp, dikutip dari Liverpoolfc.com.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya