Comscore Tracker

Dubes Apresiasi Mahasiswa Indonesia di Moskow Bentuk Satgas COVID-19

Pada peringatan Hari Pancasila, Dubes ingatkan gotong royong

Jakarta, IDN Times - Peringatan Hari Pancasila tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan juga di Rusia. Peringatan tersebut dilakukan oleh KBRI Moskow dengan menggelar dialog virtual bersama mahasiswa Indonesia di Rusia pada Senin (1/6).

Dalam peringatan itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia merangkap Belarus, M Wahid Supriyadi memberikan apresiasi kepada Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) yang telah membentuk Satgas COVID-19 yang melakukan koordinasi langsung dengan satgas yang sama yang dibentuk KBRI Moskow. Menurut dia, langkah tersebut merupakan bentuk gotong royong.

"Tindakan tersebut akan mempermudah komunikasi kepada KBRI Moskow untuk dapat memberikan bantuan dan layanan kepada masyarakat Indonesia di Rusia yang membutuhkan," ujar Wahid dalam dialog bertema Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong menuju Indonesia maju yang juga diikuti Wakil Duta Besar Azis Nurwahyudi, beserta jajaran KBRI Moskow lainnya.

1. Kita harus siap dengan tantangan di tatanan kehidupan dunia pascapandemik COVID-19

Dubes Apresiasi Mahasiswa Indonesia di Moskow Bentuk Satgas COVID-19Ilustrasi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dia menyampaikan founding fathers bangsa Indonesia telah berupaya merumuskan konsep-konsep ideologi bangsa dengan mengakomodasi nilai-nilai luhur budaya, cara hidup dan filosofi bangsa di tengah tata kehidupan dunia.

“Dunia mengalami perkembangan. Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia juga semakin majemuk dan Pancasila menjadi pemersatu kemajemukan tersebut. Pascapandemi COVID-19 kita akan menyaksikan tata kehidupan dunia yang juga berubah dan kita harus siap menghadapinya," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (2/6).

2. Dubes Wahid imbau seluruh mahasiswa jaga persatuan dan kesatuan bangsa

Dubes Apresiasi Mahasiswa Indonesia di Moskow Bentuk Satgas COVID-19Peringati Hari Pancasila, KBRI Moskow Dialog Virtual dengan Mahasiswa (Dok. KBRI Moskow)

Wahid mengimbau kepada seluruh mahasiswa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama WNI di Rusia. Di tengah pandemik virus corona, ia juga berpesan kepada para mahasiswa agar senantiasa menjaga kesehatan, mengikuti peraturan dan menjalin komunikasi erat dengan KBRI Moskow.

"Seluruh dunia mengalamai kesulitan yang sama dan saya yakin di tengah kesulitan pasti ada kesempatan," tutur dia.

3. Mahasiswa Indonesia di 21 kota Rusia ikuti perayaan Hari Pancasila

Dubes Apresiasi Mahasiswa Indonesia di Moskow Bentuk Satgas COVID-19(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Adapun mahasiswa yang ikut serta berasal dari 21 kota di Rusia, antara lain Moskow, St. Petersburg, Kazan, Pskov, Belgorod, Volgograd, Rostov on Don, Ufa, Novosibirsk, Tomsk, dan Vladivostok. Dubes Wahid Supriyadi nengatakan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, meskipun berada di luar negeri

Dialog virtual juga dilakukan dalam rangka silaturahmi Idul Fitri 1441 H. Perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, acara temu masyarakat Indonesia tidak dapat diselenggarakan di KBRI Moskow karena pandemik COVID-19.

Dalam pertemuan berlangsung sesi tanya jawab dengan perwakilan mahasiswa. Meskipun secara virtual, pertemuan yang berlangsung lebih dari 2 jam sangat interaktif dan menjadi media dalam menjalin silaturahmi.

Baca Juga: Dubes Rusia Undang Bupati Anas untuk Promosikan Banyuwangi ke Moskow

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya