Indonesia Bantu Palestina Rp32 Miliar Tangani COVID-19

Bantuan itu diharapkan cair pada semester ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memastikan pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan sebesar 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp32 miliar (kurs Rp14.000) untuk menangani pandemik COVID-19 yang terjadi di Palestina. Bantuan ini diharapakan dapat terlaksana di semester I 2021.

"Indonesia berkomitmen untuk memberikan 2,3 juta dolar AS untuk Palestina," kata Retno dalam konferensi pers, Rabu (10/2/2021).

Baca Juga: Joe Biden Tegaskan AS Dukung Kemerdekaan Israel dan Palestina

1. Bantuan ini diharapkan bisa menyasar seluruh rakyat Palestina

Indonesia Bantu Palestina Rp32 Miliar Tangani COVID-19(Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riad Malki) Kementerian Luar Negeri

Bantuan ini akan disalurkan melalui United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dan International Committee of the Red Cross (ICRC). Retno berharap bantuan ini dapat membantu rakyat Palestina secara menyeluruh.

"Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang berkomunikasi erat dengan otoritas Palestina, UNWRA, dan ICRC," ujarnya.

2. Indonesia pastikan selalu dukung Palestina

Indonesia Bantu Palestina Rp32 Miliar Tangani COVID-19Palestina (Pixabay/Hosny_salah)

Retno berkali-kali menegaskan posisi Indonesia akan selalu mendukung Palestina. Konflik Palestina dan Israel diharapkan selesai dengan solusi two-state solution atau dua negara.

"Prinsip Indonesia dalam perjuangan Palestina tetap kokoh dan tidak berubah. Dukungan Indonesia terhadap penderitaan Palestina akan selalu didasarkan pada Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNSC Resolutions) dan parameter yang disepakati secara internasional, termasuk solusi dua negara," ujar Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: Dukungan Indonesia untuk Palestina Tak Tergoyahkan

3. Menlu puji dukungan dunia untuk Palestina

Indonesia Bantu Palestina Rp32 Miliar Tangani COVID-19Presiden Amerika Serikat Joe Biden di East Las Vegas Community Center di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Jumat (9/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Eks Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia ini meyakini tahun ini, akan menjadi lebih baik bagi Palestina. Hal itu didasarkan pada beberapa hal seperti sikap pemerintah Amerika Serikat terhadap Palestina hingga Pertemuan Liga Arab.

Hasil pertemuan Liga Arab tersebut adalah mendukung legitimasi dan hak-hak yang tidak dapat dicabut dari masyarakat Palestina serta hak menentukan nasib sendiri, hak untuk kembali serta mendirikan negara Palestina yang berdaulat penuh dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. Liga Arab juga menyerukan solusi dua negara.

"Saya menyambut baik hasil Pertemuan Liga Arab yang menunjukkan posisi yang solid dari Liga Arab untuk memberikan dukungan mereka terhadap perjuangan Palestina. Pagi ini, saya juga menerima berita tentang hasil dan pertemuan positif lainnya dari dialog nasional Palestina di Kairo," papar Retno.

Baca Juga: Indonesia dan Yordania Sepakat Isu Palestina Jadi Prioritas Utama

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya