Taliban Larang Warga Afganistan Mengungsi!

Warga Afghanistan tidak diizinkan lagi ke bandara Kabul

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan Taliban tidak lagi mengizinkan warga Afghanistan mengakses bandara Kabul dan meninggalkan negara itu. Dia beralasan hal itu demi keamanan warga, terkait kekacauan situasi di bandara.

"Mari kita hidup bersama. Perang bagi kami telah selesai," kata Zabihullah dalam konferensi pers yang dilansir BBC, Selasa (24/8/2021).

Di sisi lain, dia menyayangkan pihak Amerika Serikat yang terus mengundang orang ke bandara untuk naik pesawat. "Kami meminta Amerika jangan mendorong orang Afghanistan untuk pergi (ke Bandara Kabul). Kami membutuhkan bakat mereka," katanya.

Sekitar 50 ribu orang asing dan warga Afghanistan telah meninggalkan negara itu melalui bandara Kabul sebagai satu-satunya akses keluar. Warga berbondong-bondong memilih mengungsi sejak Taliban merebut kekuasaan 9 hari lalu.

Baca Juga: G7 Janji Satu Suara, Bakal Akui Taliban atau Malah Beri Sanksi

1. Perempuan tidak dilarang bekerja

Taliban Larang Warga Afganistan Mengungsi!Warga berusaha menuju Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/FOC/djo

Taliban mengatakan bahwa perempuan tidak dilarang untuk berpergian dan bekerja. Taliban mengklaim bahwa para pekerja perempuan belum diberhentikan dari pekerjaan mereka dan gaji mereka akan dibayar.

"Saat ini untuk kebaikan mereka dan mencegah perlakuan buruk, wanita harus tinggal di rumah untuk saat ini," kata Zabihullah.

Taliban mengatakan pihak berwenang sedang mencoba untuk membuat prosedur sehingga perempuan dapat kembali bekerja.

2. Warga negara asing diminta tinggalkan Afghanistan paling lambat 31 Agustus

Taliban Larang Warga Afganistan Mengungsi!Tentara Pakistan berjaga saat warga menyeberang ke Afghanistan, di pos penyeberangan Friendship Gate di kota perbatasan Paksitan-Afghanista, Chaman, Pakistan, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Abdul Khaliq Achakzai/FOC/djo

Dalam konferensi pers tersebut, Zabihullah juga mengatakan bahwa Taliban tidak akan memperpanjang batas waktu untuk evakuasi warga negara asing dari Afghanistan.

Sebelumnya Taliban telah menetapkan batas waktu itu hingga 31 Agustus. Dia menambahkan ada cukup waktu untuk mengeluarkan warga negara asing sebelum batas waktu tersebut.

Baca Juga: Perempuan Afghan Lahirkan Bayi di Pesawat AS saat Evakuasi

3. Taliban jamin warga Afghanistan bisa kembali bekerja

Taliban Larang Warga Afganistan Mengungsi!Seorang pria menarik anak perempuan untuk memasuki Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/FOC/djo

Poin lain dalam konferensi tersebut, Taliban menyatakan bahwa media seperti stasiun TV dan radio di Afghanistan sekarang beroperasi kembali. Begitu pula layanan publik seperti rumah sakit, sekolah, universitas, dan pemerintah daerah.

Dia mengatakan kedutaan asing telah dijamin keamanannya. Taliban juga mendesak pihak kedutaan untuk tidak menutup atau menghentikan pekerjaan mereka.

Baca Juga: Daftar Kekayaan Mineral Afghanistan yang Kini di Tangan Taliban

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya