Comscore Tracker

1,6 Juta Petisi Warga Paksa Gubernur California Dipilih Ulang

Newsom terancam lengser dari posisi gubernur

California, IDN Times - Warga California yang tidak puas dengan kinerja Gubernur Gavin Newsom memilili kesempatan mencopot Newsom dari jabatannya. Upaya penarikan jabatan ini bisa dilakukan karena telah mengumpulkan jumlah minimum tanda tangan sah untuk melakukan pemungutan suara.

Pada hari Senin, 26 April waktu negara bagian California, kantor sekretaris negara bagian tersebut mengumumkan bahwa lebih dari 1,6 juta tanda tangan telah diverifikasi, sekitar 100.000 lebih banyak dari yang dibutuhkan untuk memaksa pemungutan suara kepada ggota Demokrat itu.

1. Pemilihan musim gugur menjadi penentu jabatan Newsom

1,6 Juta Petisi Warga Paksa Gubernur California Dipilih UlangIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Melansir dari Daily Mail, Gavin Newsom yang seharunya masih memiliki masa jabatan selama setahun lagi harus menghadapi pemilihan ulang mengenai posisinya sebagai gubernur California. Pemilu itu kemungkinan terjadi pada musim gugur, di mana para pemilih akan menghadapi dua pertanyaan: Haruskah Newsom ditarik kembali dan siapa yang harus menggantikannya? Suara pada pertanyaan kedua hanya akan dihitung, bila lebih dari separuh menjawab ya untuk pertanyaan pertama.

Setelah berhasil mengumpulkan 1,6 juta petisi, maka tahap berikutnya proses penarikan kembali, yang memakan waktu 30 hari kerja, dan pemilih dapat mengajukan permintaan tertulis kepada Panitera Daerah untuk menghapus nama mereka dari petisi.  Pejabat negara bagian California harus mengonfirmasi verifikasi tanda tangan terakhir pada 29 April 2021. Pemilih akan ditanya apakah mereka ingin nama mereka tetap ada dalam petisi penarikan kembali selama masa tenggang 30 hari. Jika jumlah tanda tangan tetap di atas ambang 1,5 juta, laporan akan dikirim ke Departemen Keuangan, yang berarti pemilihan penarikan jabatan Newsom akan terjadi.

Setelah diberikan kepada bagian keuangan selanjutnya akan ditentukan berapa biaya pemilu penarikan jabatan dan kemudian akan mengirimkannya ke Joint Legislative Budget Committee (JLBC), Gubernur, dan Sekretaris Negara. JLBC memiliki waktu 30 hari lagi untuk meninjau biaya yang diajukan kepada mereka. Sekretaris Negara kemudian akan menyatakan bahwa ada cukup tanda tangan yang sah untuk memenuhi syarat dan akan memberi tahu Letnan Gubernur, yang diminta untuk mengumumkan pemilihan penarikan kembali antara 60 dan 80 hari sejak sertifikasi tanda tangan.

2. Penanganan terhadap pandemik meningkatkan upaya pemilihan ulang

Baca Juga: Kasus Naik, California Butuh Lebih Banyak Vaksin

Melansir dari BBC, Menggulingkan Newsom membutuhkan perjuangan berat karena pada pemilu 2018, Newsom terpilih sebagai gubernur dengan dukungan lebih dari 60 persen suara. Pemilu ulang telah diupayakan sebelum pandemik, tapi upaya meningkat ketika Newsom kedapatan sedang makan dengan anggota asosiasi medis negara di sebuah restoran mewah untuk ulang tahun pelobi, semuanya tidak memakai maker, setelah sebelumnya dia mendesak penduduk warga untuk tetap di rumah. Tindakannya telah memicu kritikan keras.

Melansir dari Daily Mail, atas kesalahannya tersebut Newsom menyampaikan permintaan maaf  dan berkata. "Saya melakukan kesalahan besar. Saya seharusnya berdiri dan… berkendara kembali ke rumah saya. Semangat dari apa yang saya khotbahkan sepanjang waktu itu bertentangan. Saya perlu berkhotbah dan berlatih, bukan hanya berkhotbah. Kamu harus memilikinya, dan kamu harus terus terang dan saya melakukan yang terbaik setiap hari dalam mencoba menjadi contoh perilaku yang lebih baik."

Di tahun baru, Newsom kembali mendapat lebih banyak kecaman karena tindakan awalnya yang menolak untuk merilis data yang dia gunakan untuk menentukan wilayah yang harus dibatasi aktivitasnya, kemudian secara tiba-tiba membalikkan arah minggu lalu dan mencabut perintah tinggal di rumah di seluruh wilayah.

Bill Burton, mantan juru bicara Presiden Barack Obama yang tinggal di California Selatan, menyampaikan bahwa Demokrat secara nasional telah menyampaikan pesan 'ikuti ilmu pengetahuan' ketika banyak yang lebih khawatir tentang dibukanya kembali sekolah dan bisnis. "Ada keterputusan antara kebijakan publik dan apa yang dialami orang biasa dalam hidup mereka," katanya.

3. Calon pesaing Newsom

Melansir dari Daily Mail, tindakan Newsom selama pandemik telah membuatnya terancam dalam pemilihan ulang. Sebuah survei yang dilakukan oleh University of California, Berkeley, pada Februari lalu menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga pemilih mengatakan mereka akan menggulingkan Newsom di kotak suara jika penarikan itu memenuhi syarat.

Jajak pendapat yang dilakukan menunjukkan bahwa 49 persen percaya bahwa permintaan tetap di rumah berdampak kecil jika ada, sementara 47 persen setuju mereka memiliki pengaruh besar atau setidaknya beberapa. Mayoritas mengatakan bahwa aturan tersebut membingungkan dan tidak konsisten. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa hanya 31 persen responden yang merasa Newsom dan para pemimpin pemerintah negara bagian lainnya telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik atau baik, 23 persen memilih mereka telah melakukan pekerjaan yang adil, sementara 43 persen memilih itu adalah pekerjaan yang buruk.

Melansir dari CNN, pemilu ulang gubernur terakhir negara California, terjadi pada tahun 2003, Arnold Schwarzenegger dari Republik menggantikan Gubernur Grey Davis anggota Demokrat setelah dia dipanggil kembali oleh para pemilih.

Mereka yang dikabarkan telah  mencalonkan diri sebagai pengganti Newsom adalah mantan atlet dan bintang TV populer, yaitu Caitlyn Jenner dari Republik dan mantan Wali Kota San Diego Kevin Faulconer, yang juga dari Republik.

Baca Juga: COVID-19 Meningkat, Rumah Duka California Kehabisan Ruang

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya