Comscore Tracker

4 Orang Ditangkap Atas Tuduhan Rencana Penculikan Menteri Belgia

Rencana penculikan dikaitkan dengan penjahat narkoba

Jakarta, IDN Times - Empat pria di Belanda ditangkap atas tuduhan rencana penculikan Menteri Kehakiman Belgia Vincent Van Quickenborne. Keempat orang itu kini akan diekstradisi dari Belanda.

Pada Sabtu (24/9/2022), tersiar kabar bahwa rencana penculikan terhadap Van Quickenborne berhasil digagalkan dan menteri itu telah diberikan pengamanan yang lebih ketat dari sebelumnya. Rencana penculikan itu telah dihubungkan dengan kejahatan terorganisir tekait narkoba. 

1. Ditemukan senjata api dan bensin dalam kendaraan di dekat rumah menteri

4 Orang Ditangkap Atas Tuduhan Rencana Penculikan Menteri BelgiaIlustrasi pistol. (Unsplash.com/steve woods)

Melansir VRT, Kantor Kejaksaan Federal menyampaikan, pada pekan lalu telah diinformasikan tentang ancaman terhadap keselamatan Van Quickenborne beserta keluarganya. Penyelidikan awal menemukan bahwa ancaman itu perlu ditanggapi dengan serius.

Awal pekan ini, sebuah mobil yang terdaftar dengan nomor plat di Belanda ditemukan di dekat rumah Van Quickenborne. Di kendaraan itu, pihak berwenang menemukan senapan mesin Kalashnikov, senjata api lainnya, dan dua botol bensin.

Berdasarkan nomor registrasi kendaraan itu kepolisian berhasil menemukan jejak empat orang. Penangkapan terjadi secara terpisah, tiga ditangkap di Den Haag pada Jumat malam, sementara yang keempat baru ditangkap dua hari setelahnya dan diidentifikasi sebagai pria berumur 21 tahun.

Baca Juga: Kota di Belanda Minta Twitter Hapus Teori Konspirasi Pedofilia

2. Van Quickenborne akan terus menargetkan kelompok kriminal

4 Orang Ditangkap Atas Tuduhan Rencana Penculikan Menteri BelgiaMenteri Kehakiman Belgia Vincent Van Quickenborne. (Twitter.com/Vincent Van Quickenborne)

Melansir BBC, sehari setelah para tersangka ditangkap, Van Quickenborne menyampaikan bahwa ia telah ditempatkan di bawah pengamanan yang ketat dan membatalkan sejumlah acara yang telah dijadwalkan. 

Van Quickenborne menyampaikan, orang yang bekerja memerangi kejahatan terorganisir sudah memahami risikonya. Dia berjanji akan terus menargetkan kelompok kriminal dengan mengerahkan lebih banyak tenaga dan sumber daya daripada sebelumnya.

"Biar saya perjelas, orang-orang di balik ini mencapai kebalikan dari apa yang mereka inginkan. Ini memperkuat keyakinan saya bahwa kita harus terus berjuang. Para penjahat merasa terpojok. Perasaan itu benar," kata dia. 

Mengenai ancaman yang diterima Van Quickenborne, Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo telah memberikan tanggapan, menyebut ancaman itu tidak dapat diterima dan menegaskan tidak akan terintimidasi oleh siapa pun.

3. Belgia telah meningkatkan perlawanan terhadap kejahatan terorganisir

4 Orang Ditangkap Atas Tuduhan Rencana Penculikan Menteri BelgiaBendera Belgia. (Unsplash.com/Boudewijn Huysmans)

Belgia, dalam beberapa pekan terakhir, telah mengambil langkah lebih besar dalam memerangi kejahatan terorganisir dengan mengumumkan rencana yang memberi otoritas lokal lebih banyak wewenang untuk mengatasi kekerasan.

Kota pelabuhan Antwerpen dilaporkan telah mengalami peningkatan kekerasan terkait narkoba. Ada lebih dari 89 ton narkoba disita di kota itu pada 2021.

Belgia dan Belanda disebut sebagai pusat pasar kokain di Eropa. Hal itu berdasarkan laporan pada tahun lalu dari Europol, badan kepolisian Uni Eropa.

Baca Juga: Perusahaan Asal Belgia Tertarik Investasi di Makassar New Port

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya