4 Tentara Pakistan Dibunuh Separatis Baluchistan di Perbatasan Iran

Baluchistan wilayah perbatasan panjang Pakistan dengan Iran

Jakarta, IDN Times - Militer Pakistan mengatakan bahwa empat tentaranya dibunuh oleh teroris yang beroperasi dari Iran pada Jumat (31/3/2023) waktu setempat. Para tentara itu adalah bagian dari petugas patroli perbatasan rutin yang beroperasi di sepanjang perbatasan Pakistan-Iran.

Terkait serangan itu, sebuah kelompok separatis, Tentara Pembebasan Baluchistan (BLA) mengaku bertanggung jawab. Kelompok itu sering melancarkan serangan terhadap tentara.

Baca Juga: Pakistan Sebut Afghanistan Sarang Teroris, Taliban: Jangan Provokatif!

1. Militer Pakistan telah menghubungi Iran

4 Tentara Pakistan Dibunuh Separatis Baluchistan di Perbatasan IranIlustrasi tentara. (Unsplash.com/Specna Arms)

Dilansir Reuters, militer mengatakan insiden itu terjadi di distrik Kech di barat daya provinsi Baluchistan, yang berbagi perbatasan panjang tanpa hukum dengan Afghanistan dan Iran.

"Sekelompok teroris yang beroperasi dari sisi Iran menyerang patroli perbatasan rutin pasukan keamanan Pakistan yang beroperasi di sepanjang Perbatasan Pakistan-Iran," kata militer Pakistan pada Sabtu (1/4/2023).

Empat prajurit tersebut adalah Sher Ahmed, Muhammad Asghar, Muhammad Irfan, dan Abdur Rasheed. Tentara Pakistan telah menghubungi Iran untuk mencari cara mencegah kejadian serupa terulang lagi di di masa depan.

Menanggapi serangan tersebut, kedutaan Iran di Pakistan mengutuk serangan dan mengatakan terorisme adalah penderitaan umum dari dua negara sahabat dan tetangga.

Baca Juga: Polisi Pakistan Dakwa Eks PM Imran Khan atas Tuduhan Terorisme

2. Serangan terhadap tentara Pakistan

4 Tentara Pakistan Dibunuh Separatis Baluchistan di Perbatasan IranIlustrasi tentara. (Pexels.com/Pixabay)

Dilansir Associated Press, sehari sebelum pembunuhan terhadap empat tentara tersebut ada peristiwa baku tembak yang melibatkan tentara dengan gerilyawan di Waziristan Utara, provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Tidak ada pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Pada Januari juga terjadi serangan yang menewaskan empat tentara. Sama dengan serangan terbaru insiden sebelumnya juga terjadi di sepanjang perbatasan dengan Iran di Baluchistan.

"Kami berharap Iran akan memastikan bahwa tanahnya tidak digunakan untuk serangan lintas batas," kata Perdana Menteri Pakistan Shahbaz Sharif mengutuk serangan di Januari.

Baca Juga: Rusuh saat Berebut Sedekah Makanan Gratis, 11 Warga Pakistan Tewas

3. Militan ingin Baluchistan mendapatkan lebih banyak sumber daya

4 Tentara Pakistan Dibunuh Separatis Baluchistan di Perbatasan IranIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

BLA, yang mengaku bertanggung jawab atas kematian para tentara itu merupakan kelompok nasionalis etnis Baluch yang memberontak. Kelompok itu beroperasi di kedua sisi perbatasan, berjuang selama beberapa dekade untuk memperjuangkan bagian yang lebih besar dari sumber daya regional.

BLA sebelumnya telah terlibat dalam serangan terhadap pasukan keamanan Pakistan dan kepentingan China di kawasan.

Provinsi Baluchistan kaya akan gas alam dan mineral, dan juga memiliki pelabuhan laut dalam Gawadar. Wilayah tersebut sedang dikembangkan melalui investasi sebesar 65 miliar dolar AS (Rp972,9 triliun) dari China.

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya