Comscore Tracker

Ayah PM Inggris Boris Johnson, Stanley Jadi Warga Negara Prancis

Stanley kini memiliki kewargangeraan ganda

Jakarta, IDN Times - Ayah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Stanley Johnson, yang merupakan mantan anggota parlemen Eropa dari 1979-1984, yang mewakili Wight dan Hampshire East, diketahui telah diberikan kewargenegaraan Prancis.

Kementerian Kehakiman Prancis menerangkan, status kewarganegaraan itu diperoleh pada Rabu (18/5/2022). Stanley mengajukan permohonan kewarganegaraannya di konsulat Prancis di London pada November tahun lalu.

1. Alasan menjadi warga negara Prancis

Dikutip dari Sky News, Stanley yang senang setelah menjadi orang Prancis mengatakan, "saya sangat senang dan tidak tahu pada tingkat apa keputusan ini diambil, tetapi saya pikir itu adalah hal yang sangat imajinatif untuk dilakukan pada saat ini, pada saat hubungan dengan Prancis dan Uni Eropa (UE) belum tentu yang terbaik."

Ayah pemimpin Inggris ini mengungkap, alasan pindah kewarganegaraan adalah karena dia memiliki keturunan Prancis dari ibunya, Irene Williams.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Stanley mengungkapkan alasan lainnya, yaitu untuk menunjukkan bahwa warga Inggris masih tetap bagian dari Eropa, meski telah meninggalkan UE.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa untuk memecahkan masalah perdagangan setelah Brexit adalah dengan menunjukkan kesamaan yang dimiliki.

Terkait stastus warga negara barunya, Stanley mengatakan di telah mendapat respons dari perdana menteri yang menyebut hal itu luar biasa.

Downing Street mengatakan, kewarganegaraan baru Stanley merupakan urusan pribadi ayah perdana menteri, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Baca Juga: Inggris Catatkan Inflasi Tertinggi Sejak 1982, Rekor Buruk!

2. Keputusan tidak berlaku untuk keturunan

Melansir BBC, Kementerian Kehakiman Prancis menyampaikan, keputusan pemberian warga negara ini hanya berlaku untuk Stanley, tidak termasuk keturunannya.

Berdasarkan hukum Prancis, anak-anak dari warga negara Prancis tidak dapat mengklaim kewarganegaraan bila anggota keluarga Prancis mereka telah menetap di luar negeri selama lebih dari 50 tahun dan tidak memakai hak kewarganegaraan mereka.

Namun, hak untuk memperoleh warga negara Prancis masih dapat diperoleh dengan mengaktifkan kembali haknya, dengan syarat memiliki kaitan budaya, profesional, ekonomi atau keluarga dengan Prancis. 

Adanya klausul itu membuat Stanley dapat mengajukan kewarganegaraan pada 18 November tahun lalu.

Meski telah menjadi orang Prancis, dia masih tetap memiliki kewarganegaraan Inggris, yang berarti saat ini memiliki kewarganegaraan ganda. Sebelumnya, Boris juga memiliki dua warga negara, karena lahir di Amerika Serikat, yang dipegangnya selama 25 tahun, sebelum dilepas pada 2016.

3. Sempat menentang Brexit

Ayah PM Inggris Boris Johnson, Stanley Jadi Warga Negara PrancisIlustrasi Brexit. (Pixabay.com/Tumisu)

Melansir DW, Stanley yang pernah menjadi anggota parlemen Eropa dan bekerja untuk Komisi Eropa ini merupakan pendukung untuk tetap di UE dalam referendum Brexit 2016, berbeda dengan Boris yang menyerukan untuk keluar dari blok negara-negara Eropa.

Bahkan, sebulan sebelum Inggris sepenuhnya meninggalkan UE atau pada Desember 2020, Stanley mengumumkan akan mengajukan kewarganegaraan Prancis.

Namun, setelah adanya perang Ukraina dengan Rusia, Stanley dalam tulisannya menyampaikan bahwa dia telah salah menentang Brexit, karena UE gagal menangani krisis yang ditimbulkan akibat perang.

Tampaknya referendum Brexit telah memicu lonjakan warga Inggris untuk memperoleh kewarganegaraan ganda dari negara anggota UE.

Pada 2017, ada 13.141 warga negara Inggris yang memperoleh kewarganegaraan dari salah satu dari 18 negara UE. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, yang sebanyak 5.056 dan pada 2015 hanya 1.826.

Menurut badan statistik UE, Eurostat, sekitar 3.100 orang Inggris telah memperoleh kewarganegaraan Prancis pada 2020, yang merupakan pilihan utama setelah Jerman.

Baca Juga: Ingin Perkuat Kawasan, Jerman Dukung 6 Negara Balkan Gabung Uni Eropa

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya