Comscore Tracker

CDC: Bahaya Salmonella, Jangan Terlalu Dekat dengan Unggas

Gejala dapat berupa demam, kram perut, muntah, dan diare

Washington, IDN Times - Badan kesehatan AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada hari Kamis (20/5/2021) menghimbau orang-orang untuk tidak terlalu dekat dengan unggas di halaman karena khawatir bahwa unggas, seperti ayam dan bebek mungkin menyebarkan bakteri Salmonella.

Saat ini CDC dan petugas kesehatan sedang melakukan penyeledikan wabah Salmonella setelah 163 orang dilaporkan mengalami sakit di 43 negara bagian.

1. Kuman mudah menyebar di kandang dan tempat unggas berkeliaran

CDC: Bahaya Salmonella, Jangan Terlalu Dekat dengan UnggasFoto tiga ekor ayam di dalam kandang. (Unsplash.com/The Brewers)

Melansir dari The Hill, CDC telah menyamapaikan agar jangan mencium atau meringkuk unggas yang dipelihara di halaman. Badan kesehatan itu juga menghibau untuk tidak makan atau minum di sekitar mereka, yang dikhawatirkan bahwa itu bisa menyebarkan bakteri Salmonella ke mulut dan menyebabkan sakit. Setelah bersentuhan dengan unggas juga disarankan untuk segera mencuci tangan.

CDC juga menyarankan meskipun unggas terlihat sehat dan bersih, tapi kuman masih dapat dengan mudah menyebar di daerah tempat mereka tinggal dan berkeliaran.
CDC memperkirakan bahwa mungkin ada lebih banyak kasus yang tidak diketahui, karena hanya sedikit orang yang dites untuk infeksi bakteri yang dapat menyebabkan demam, kram perut, muntah, dan diare. Dalam kasus yang parah juga bisa menyebabkan kematian.

2. Anak-anak lebih mudah sakit karena salmonella

CDC: Bahaya Salmonella, Jangan Terlalu Dekat dengan UnggasIlustrasi anak yang sakit karena bakteri Salmonella. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melansir dari CNBC News, walaupun tidak ada korban jiwa dalam kasus wabah terbaru, tapi sepertiga dari mereka yang sakit adalah anak-anak di bawah usia 5 tahun. CDC telah menyampaikan bahwa individu yang berusia kurang dari 5 tahun atau lebih dari 65 tahun lebih mungkin mengalami penyakit yang lebih parah dan berisiko lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit.

Anak-anak diketahui lebih cenderung mudah sakit karena Salmonella, dan menyarankan untuk mengawasi mereka di sekitar kawanan, dan mencegah anak-anak di bawah usia 5 tahun menyentuh unggas. 

Baca Juga: 6 Tips Cegah Penyakit pada Perut Akibat Infeksi Salmonella

3. Sejak pertengahan Februari 2021 sudah ada 34 orang dirawat

Melansir dari CNBC News, saran CDC ini muncul setelah melihat data pada tahun 2020, yang menunjukkan bahwa ada 17 wabah Salmonella multistate terkait dengan kontak kawanan di halaman tempat tinggal di semua 50 negara bagian. Wabah salmonella yang terkait dengan ternak unggas di halaman terjadi setiap tahun mulai terjadi sejak 2017.

"Jumlah penyakit yang dilaporkan (pada tahun 2020) lebih tinggi daripada jumlah yang dilaporkan selama wabah tahun lalu yang terkait dengan ternak di halaman belakang." Berdasarkan keterangan CDC.

Mengutip dari BBC, sejak pertengahan Februari 2021 dilaporkan bahwa ada sekitar 34 orang telah dibawa ke rumah sakit karena Salmonella. Bakteri Salmonella memiliki kemungkinan untuk dapat ditemukan dalam daging mentah atau setengah matang, telur atau produk makanan lainnya. Bakteri tersebut menyebabkan sekitar 1,35 juta infeksi di AS setiap tahun, mencatatkan 420 kematian.

Baca Juga: Bakteri Salmonella: Ini 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentangnya

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya