Citah Lahir Lagi di India setelah 71 Tahun Punah

India telah mendatangkan citah dari Namibia

Jakarta, IDN Times - India mengumumkan kelahiran empat anak citah pada Rabu (29/3/2023). Kelahiran citah itu merupakan yang pertama kalinya di India sejak kucing besar tersebut dinyatakan punah pada 71 tahun lalu.

Anak citah itu lahir dari induk yang didatangkan dari Namibia pada September tahun lalu. India mendatangkan citah dari negara lain untuk menghadirkan kembali hewan itu di sana.

1. Lahir lima hari yang lalu

Dilansir BBC, keempat anak citah itu lahir di suaka margasatwa Taman Nasional Kuno dari betina bernama Siyaya yang datang dari Namibia. Petugas di taman nasional mengatakan bahwa ibu citah dan anak-anaknya dalam kondisi sehat.

Anak-anak citah itu diyakini telah lahir lima hari yang lalu, tapi mereka baru ditemukan oleh petugas pada Rabu.

Kelahiran citah itu diumumkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Bhupender Yadav, yang mengaku senang atas peristiwa penting tersebut.

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh tim Proyek Citah atas upaya tanpa henti mereka membawa kembali cheetah ke India, dan atas upaya mereka memperbaiki kesalahan ekologis yang dilakukan di masa lalu," kata Yadav di Twitter.

Perdana Menteri Narendra Modi juga menyambut baik kelahiran tersebut, yang disebutnya sebagai berita yang luar biasa.

Baca Juga: Demi Pulihkan Ekologi Alam, India Datangkan Citah dari Namibia

2. Seekor citah dari Namibia meninggal

Citah Lahir Lagi di India setelah 71 Tahun PunahCitah. (Unsplash.com/Christin Noelle)

Pengumuman kelahiran itu datang dua hari setelah salah satu dari delapan citah Namibia meninggal di Taman Nasional Kuno. Penyebab kematian citah akibat gagal ginjal.

Pemindahan citah dari Namibia ke India pada 2022 merupakan pertama kalinya karnivora besar dipindahkan dari satu benua ke benua lain, dan diperkenalkan kembali di alam liar. Namibia akan kembali mengirimkan citah kepada India.

Untuk mengembalikan kehadiran citah, India juga membawa citah dari Afrika Selatan, yang pengirimannya dilakukan pada bulan lalu.

3. Kepunahan citah di India

Citah Lahir Lagi di India setelah 71 Tahun PunahCitah. (Unsplash.com/David Groves)

India pernah menjadi rumah bagi citah Asia, sebelum dinyatakan punah di sana pada 1952. Citah Asia yang terancam punah pernah berkeliaran di Timur Tengah, Asia Tengah, dan India, tapi kini hanya ditemukan di Iran, yang diperkirakan hanya tersisa 50 ekor.

Citah di India punah akibat hilangnya habitat dan perburuan. Sebelum dinyatakan punah, ada tiga citah terakhir yang tercatat di Inida pada akhir 1940-an, dan diyakini secara luas bahwa ketiganya dibunuh pangeran Maharaja Ramanuj Pratap Singh Deo, dikutip Al Jazeera.

Citah saat ini terdaftar secara global sebagai hewan "rentan" di Daftar Merah Spesies Terancam Punah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. 

Sebagian besar dari sekitar 7 ribu citah di dunia sekarang ditemukan di Afrika, di Afrika Selatan, Namibia, dan Botswana.

Baca Juga: 5 Hewan yang Jago Berkamuflase saat Masih Bayi, Termasuk Citah

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya