Duh, Truk di Belanda Tabrak Mati 6 Orang yang Sedang Pesta Barbeku

Korban tewas terdiri dari tiga wanita dan tiga pria

Jakarta, IDN Times - Sebuah truk yang melaju di desa Nieuw-Beijerland, 30 kilometer selatan Rotterdam, Belanda keluar dari alur dan menabrak orang-orang yang sedang melakukan pesta barbeku yang diselenggarakan klub seluncur es.

Insiden itu terjadi pada Sabtu (27/8/2022) sekitar jam enam sore. Akibat tabrakan itu, enam orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka.

1. Tiga korban tewas merupakan keluarga

Duh, Truk di Belanda Tabrak Mati 6 Orang yang Sedang Pesta BarbekuIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir Al Jazeera, kepolisian pada awalnya menyampaikan bahwa ada dua orang tewas dalam insiden tersebut. Kemudian, petugas mengonfirmasi bahwa ada enam orang tewas. Para korban adalah tiga wanita berusia 28, 32, dan 75 tahun, dan tiga pria berusia 41, 50, dan 62 tahun, semuanya dari daerah setempat.

"Kami sekarang memiliki enam orang tewas dan tujuh luka-luka, satu serius setelah kecelakaan kemarin. Kami masih menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi," kata Mirjam Boers, juru bicara polisi, pada Minggu (28/8/2022).

Gereja setempat mengumumkan bahwa tiga korban tewas merupakan satu keluarga, seorang ibu, putra, dan menantu perempuan yang sedang hamil delapan bulan.

Baca Juga: Bus Pengangkut Migran Gelap Tabrak 2 Polisi di Bulgaria

2. Pelaku telah ditangkap

Duh, Truk di Belanda Tabrak Mati 6 Orang yang Sedang Pesta BarbekuIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Identitas truk dimiliki oleh perusahaan El Mosca yang berbasis di Spanyol. Kepolisian telah mengonfirmasi, pengemudi berusia 46 tahun dan merupakan orang Spanyol. Pengemudi telah ditangkap dan diketahui tidak berada dalam pengaruh alkohol saat kecelakaan.

“Dia ditangkap karena menyebabkan kecelakaan fatal dan cedera tubuh serius. Perannya dalam insiden itu sedang diselidiki. Untuk saat ini, kami menjaga semua skenario tentang fakta tetap terbuka," kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Insiden itu telah mengguncang komunitas yang erat di wilayah Nieuw-Beijerland, dengan polisi meminta lebih banyak saksi memberikan informasi untuk membantu penyelidikan.

"Karena barbeku lingkungan, banyak orang hadir pada insiden itu," kata polisi.

3. Ucapan belasungkawa dari pejabat Belanda

Duh, Truk di Belanda Tabrak Mati 6 Orang yang Sedang Pesta BarbekuBendera Belanda. (Unsplash.com/João Guimarães)

Melansir Associated Press, wali kota setempat, Charlie Aptroot, mengunjungi lokasi kejadian pada Sabtu malam dan menyampaikan kesedihannya.

"Belasungkawa saya sampaikan kepada para korban, keluarga mereka, saksi mata dan responden pertama," kata Aptroot, seraya menambahkan bahwa dia telah berbicara dengan banyak orang di tempat kejadian dan menyatakan apresiasinya atas cara warga yang saling mendukung.

Perdana Menteri Mark Rutte juga mengungkapkan belangsungkawa atas tabrakan tersebut.

"Pikiran saya tertuju pada para korban dan kerabat terdekat dari drama yang mengerikan ini. Saya berharap mereka diberi banyak kekuatan," tulisnya di Twitter.

Raja Belanda, Willem-Alexander dan Ratu Maxima juga menyampaikan kesedihannya. Mereka terkejut dengan kecelakaan itu, yang menyebabkan kesedihan yang tak terbayangkan dalam komunitas. Keluarga kerajaan itu berharap keluarga yang terkena dapat tetap kuat dan pulih.

Baca Juga: 10 Fakta Kota Rotterdam, Kota Terbesar Kedua di Belanda

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya