Comscore Tracker

Harvey Weinstein akan Diekstradisi ke California untuk Diadili

Di California, Weinstein dituduh melecehkan lima wanita

New York, IDN Times -Harvey Weinstein mantan produser film Hollywood, yang saat ini terpidana kasus pelecehan seksual, pada hari Selasa (15/6/2021) menghadapi persidangan di pengadilan New York mengenai ekstradisinya ke California.

Dalam sidang tersebut hakim memutuskan bahwa Weinstein akan menghadapi ekstradisi ke California. Di California, dia akan diadili atas tuduhan penyerangan seksual. Weinstein saat ini sedang menjalani hukuman penjara 23 tahun di New York.

1. Weinstein akan mengajukan banding

Harvey Weinstein akan Diekstradisi ke California untuk DiadiliTim hukum Harvey Weinstein akan mengajukan banding atas keputusan ekstradisi oleh pengadilan New York pada 15 Juni 2021 (ilustrasi pengadilan). (Unsplash.com/David Veksler)

Dilansir SKY News, terkait keputusan tersebut tim hukum terpidana itu menyampaikan bahwa Weinstein harus tetap di New York untuk menerima perawatan medis yang tepat, karena pria berusia 69 tahun itu menderita masalah jantung, gigi, punggung, dan "hampir buta secara teknis".

Namun, hakim Kenneth Case, yang bertugas di sidang yang berlangsung di pengadilan wilayah Erie, New York, menolak argumen tersebut, dan membuka jalan bagi Weinstein untuk dipindahkan ke California. Hakim Case kepada Norman Effman, seorang pengacara yang mewakili Weinstein, mengatakan. "Jika California tidak datang untuk menjemput Tuan Weinstein dalam jangka waktu yang wajar, tentu saja kembali menemui saya."

Pengacara Weinstein menyampaikan bahwa akan mengajukan banding atas keputusan tersebut dan akan meminta hakim Los Angeles untuk memblokir ekstradisi itu. Jaksa Los Angeles pertama kali berusaha untuk mengekstradisi Weinstein pada Juli 2020, tetapi terhambat oleh pandemik.

Mantan produser film di Hollywood itu sekarang sedang menjalani hukuman penjara 23 tahun di Lembaga Pemasyarakatan Wende, New York, dengan keamanan maksimum, di mana ia menghadiri sidang hari Selasa melalui tautan video. Dia dipenjara pada Februari 2020 karena melakukan pelecehan seksual terhadap asisten produksi pada 2006 dan pemerkosaan tingkat tiga terhadap seorang calon aktris pada 2013. Terkait kasus itu dia mengajukan banding atas keyakinan dan hukumannya dan telah membantah melakukan hubungan seks secara paksa.

2. Didakwa dengan 11 tuduhan penyerangan seksual di California

Harvey Weinstein akan Diekstradisi ke California untuk DiadiliIlustrasi Pelecehan (IDN Times/Mardya Shakti)

Baca Juga: Harvey Weinstein, Produser Hollywood Positif Virus Corona di Penjara

Dilansir NBC News, dengan diadili di Los Angeles, Weinstein akan menghadapi 11 tuduhan penyerangan seksual tambahan di California yang melibatkan lima wanita, dia dituduh melakukan penyerangan di Los Angeles dan Beverly Hills dari tahun 2004 hingga 2013. Tuduhan tersebut termasuk pemerkosaan, persetubuhan oral secara paksa, tindakan kontak fisik seksual dengan menahan diri dan penetrasi seksual dengan menggunakan kekerasan.

Keputusan itu disambut dengan senang oleh Elizabeth Fegan, pengacara Jane Doe 4 dalam kasus Los Angeles, mengatakan keputusan pengadilan untuk mengekstradisi Weinstein ke California adalah "berita bagus."

Gloria Allred, seorang pengacara yang mewakili dua wanita dalam kasus serangan seksual di Los Angeles, mengatakan dia "sangat senang" tentang keputusan itu.

Louise Godbold, salah satu dari banyak wanita yang menuduh Weinstein melakukan kekerasan seksual, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia "senang bahwa lima wanita lagi akan memiliki kesempatan untuk menghadapi pelaku mereka di pengadilan."

3. Vonis Weinstein dianggap sebagai momentum penting melawan pelecehan seksual

Harvey Weinstein akan Diekstradisi ke California untuk DiadiliIlustrasi Pelecehan (IDN Times/Mardya Shakti)

Dilansir BBC, vonis 23 tahun penjara kepada Weinstein pada Februari 2020 dilihat sebagai momen penting dalam gerakan #MeToo, yang merupakan gerakan melawan pelecehan seksual terhadap perempuan.

Lauren Young, satu-satunya penuduh yang disebutkan dalam kasus Los Angeles, menyampaikan bahwa mantan produser itu mengajaknya ke kamar hotelnya setelah pertemuan di Beverly Hills pada 2013, di mana dia diduga menjebaknya di kamar mandi, kemudian memegang payudaranya dan melakukan masturbasi, sebelum dia melarikan diri dari hotel tersebut.

Young yang hadir bersaksi di pengadilan Weinstein di New York bukan sebagai pelapor, tetapi sebagai salah satu saksi yang dipanggil jaksa untuk membantu menetapkan pola perilaku Weinstein.

Identitas tiga pelapor lainnya dalam persidangan Weinstein di Los Angeles belum diumumkan. Secara total, sekitar 80 wanita telah menuduh mantan produser melakukan pelecehan seksual di AS dan Eropa.

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya