Comscore Tracker

Inggris: Pembunuhan Sir David Mess Adalah Insiden Teroris

Polisi yakin hanya ada satu pelaku

Jakarta, IDN Times - Sir David Amess, seorang anggota parlemen Inggris Raya dari Partai Konservatif tewas ditikam pada hari Jumat (15/10/2021). Sir David dibunuh pada sekitar pukul 12:05 waktu setempat, selama melakukan kunjungan ke Gereja di Leigh-on-Sea, di Southend West di Essex, yang merupakan daerah pemilihannya.

Kepolisian Kontra Terorisme telah secara resmi menyatakan pembunuhan ini sebagai terorisme. Penyelidikan awal menduga ada "motivasi potensial yang terkait dengan ekstremisme Islam" dalam penusukan.

1. Polisi telah melakukan penangkapan

Inggris: Pembunuhan Sir David Mess Adalah Insiden TerorisIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir dari BBC, terkait kasus pembunuhan ini polisi telah menangkap seorang pria Inggris berusia 25 tahun di tempat kejadian, pria itu diyakini sebagai pelaku. Dari penyelidikan awal pria tersebut diketahui merupakan keturunan Somalia. Saat ini pria tersebut telah ditahan di Essex.

Menurut keterangan polisi mengatakan mereka tidak mencari orang lain atas kematian Sir David. Polisis meyakini pelaku melakukan aksinya sendiri, tetapi masih dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut. Penyelidikan saat ini sedang dilakukan dengan mengeledah dua alamat di London.

Kepolisian Metropolitan menyampaikan komando kontra-terorismenya telah bekerja sama dengan kepolisian dari Essex dan Unit Operasi Spesialis Wilayah Timur dalam melakukan penyelidikan.

Petugas menghimbau siapa pun yang memiliki informasi tentang insiden tersebut, atau mereka yang memiliki rekaman CCTV dan rekaman lainnya untuk segera menghubungi kepolisian.

2. Anggota parlemen kedua yang terbunuh dalam lima tahun terakhir

Inggris: Pembunuhan Sir David Mess Adalah Insiden TerorisIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Mardya Shakti)

Melansir dari Sky News, setelah insiden ini Menteri Dalam Negeri Priti Patel meminta kepolisian untuk segera meninjau pengaturan keamanan untuk anggota parlemen. Pimpinan House of Commons Sir Lindsay Hoyle juga berjanji untuk melakukan pemeriksaan keamanan.

Meski ada insiden pembunuhan terhadap anggota parlemen Sir Lindsay mengatakan dia telah melanjutkan kunjungan ke daerah pemilihannya. Ketua parlemen itu mengatakan tidak ada yang dapat menghentikan demokrasi.

Sir David merupakan anggota parlemen selama 38 tahun, dia dikenal sebagai seseorang yang memperjuangkan konstituennya, sosok yang konservatif, skeptis terhadap Uni Eropa, pendukung hak-hak binatang, dan pejuang krisis bahan bakar. Dia juga telah meningkatkan kesadaran akan endometriosis setelah didekati seorang dari daerah pemilihannya yang menderita penyakit tersebut.

Penusukan terhadap Sir David merupakan insiden pembunuhan kedua terhadap anggota parlemen di daerah pemilihan mereka sendiri dalam waktu kurang dari lima tahun, setelah pembunuhan Jo Cox dari Partai Buruh pada 2016.

Cox dibunuh oleh oleh seorang pria dengan pandangan sayap kanan ekstrim. Pembunuhan itu beberapa hari sebelum referendum Brexit. Kampanye untuk meninggalkan Uni Eropa telah memperburuk situasi politik. Sejak insiden itu beberapa politisi melaporkan telah menerima berbagai serangan.

Pada tahun 2010 anggota parlemen Stephen Timms ditusuk selama pertemuan konstituen, dia diserang karena mendukung Perang Irak. Timms selamat dari serangan itu dan masih menjadi anggota parlemen. Pada tahun 2000, seorang anggota dewan Demokrat Liberal dibunuh di kantor anggota parlemen bernama Nigel Jones.

Baca Juga: Inggris: 1.115 Migran Lintasi Selat Inggris dalam 2 Hari

3. Ucapan belasungkawa dari para politisi dan pejabat

Melansir dari CNN, para politisi, pejabat, dan anggota kerajaan telah mengecam serangan itu dan menyampaikan belangsungkawa atas insiden tersebut. Untuk menghormatinya bendera di parlemen dikibarkan setengah tiang.

Pangreran William dan istrinya dalam sebuah pernyataan mengatakan. "Pikiran dan doa kami bersama keluarga, teman, dan koleganya."

Perdana Menteri Boris Johnson dalam sebuah pernyataan dari kantornnya mengatakan Sir David menurutnya merupakan orang paling baik dan lembut di politik. Johnson mengatakan kematian ini membuat Inggris Raya kehilangan sosok yang percaya dengan negaranya dan pelayan publik yang baik.

Ketua Partai Buruh Keir Starmer, melalui Twitter mengungkapkan kesedihannya, dia menyampaikan peristiwa tersebut mengerikan dan mengejutkan, dan memikirkan keluarga dan staf yang ditinggalkan.

Mantan Perdana Menteri David Cameron menyampaikan Sir David merupakan orang yang benar-benar baik dan anggota parlemen paling berkomitmen. Mantan perdana menteri lainnya, Theresa May mengatakan insiden pembunuhan tersebut merupakan hari yang tragis bagi demokrasi.

Mantan pemimpin Partai Buruh Tony Blair mengatakan meski memiliki pandangan politik yang berbeda dengan David, tapi pria itu menurutnya merupakan sosok yang sopan, menyenangkan, baik, dan dihormati parlemen.

Menteri Kesehatan Sajid Javid mengatakan Sir David merupakan anggota parlemen yang hebat. Wali Kota London, Sadiq Khan juga mengatakan hal yang sama.

Baca Juga: Inggris: 1.115 Migran Lintasi Selat Inggris dalam 2 Hari

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya