Kapal yang Diduga Penyelundup Migran Rusak, 3 Orang Tewas

Banyak penyelundup Meksiko yang menggunakan kapal

San Diego, IDN Times - Sebuah kapal yang memiliki kabin sepanjang 12 meter pecah di terumbu karang dekat Point Loma, lepas pantai San Diego pada hari Minggu, 2 Mei. Kapal itu membawa sekitar 30 orang dan dicurigai sebagai kapal penyelundup.

Kecelakaan itu membuat petugas berwenang melakukan operasi penyelamatan. Dalam insiden ini tiga orang tewas dan 27 orang mengalami luka-luka.

1. Diyakini sebagai kapal penyelundup

Melansir dari Irish Examiner, kapal tersebut kecil dan penuh sesak, dengan ukuran 12 meter kapal itu membawa 30 orang. Kapal itu lebih besar dari kapal gaya panga kayu beratap terbuka yang sering digunakan oleh penyelundup untuk membawa orang secara ilegal ke AS dari Meksiko.

“Setiap indikasi dari sudut pandang kami adalah ini kapal penyelundup. Kami belum memastikan kewarganegaraan mereka, ”kata Jeff Stephenson, agen pengawas Patroli Perbatasan AS.

27 orang yang selamat saat ini menjalani perawatan di rumah sakit dan berada dalam pengawasan pihak berwenang. Mereka akan diwawancarai saat sudah siap, termasuk kapten kapal yang digambarkan Stephenson sebagai pelaku penyeludunpan. Penyelundup biasanya menghadapi tuntutan federal dan mereka yang diselundupkan biasanya dideportasi.

Para pejabat mengatakan penyelundup terkadang menggunakan kapal yang lebih besar dan lebih konvensional untuk mencoba dan berbaur dengan lalu lintas laut reguler.

2. Operasi penyelamatan 

Baca Juga: Masih Berkilau, 10 Perhiasan Ini Ditemukan dari Bangkai Kapal Titanic

Melansir dari BBC, tim penyelamat diberitahu insiden sekitar pukul 10:30 waktu setempat. Rick Romero, dari San Diego Fire Rescue Lifeguard, menyampaik laporan pertama menunjukkan tiga atau empat orang membutuhkan bantuan, tapi kemudian segera menyadari itu bahwa situasi lebih buruk dari perkiraan, lebih banyak orang membutuhkan bantuan.

"Begitu kami tiba di lokasi, perahu itu pada dasarnya sudah pecah. Kondisinya cukup sulit: ombak setinggi lima hingga enam kaki, berangin, dingin." Dia mengatakan orang-orang berada di air dibawa ke laut oleh arus sobek, sementara orang-orang di pantai membutuhkan CPR dan perawatan untuk hipotermia dan cedera lainnya.

Rekaman dari tempat kejadian menunjukkan potongan-potongan besar puing-puing terdampar di pantai. Jet ski, tiga perahu penyelamat lagi, dan peralatan di atas tebing dibawa untuk membantu penyelamatan.

Melansir dari The Guardian, tujuh orang ditarik dari ombak, termasuk tiga yang tenggelam, berdasarkan keterangan Romero. Satu orang diselamatkan dari tebing dan 22 lainnya berhasil mencapai pantai sendiri.

Dalam penyelamatan ada seorang dari angkatan laut ikut membantu, dia kebetulan berada di daerah itu bersama keluarganya dan melompat ke air untuk membantu seseorang. Romero mengambarkan bantuan itu sebagai tindakan yang berarti.

3. Banyak penyelundup datang dari Meksiko

Kapal yang Diduga Penyelundup Migran Rusak, 3 Orang TewasIlustrasi kapal penyelundup yang masuk ke AS. Sumber:unsplash.com/Ray ZHUANG

Melansir dari BBC, dalam konferensi pers Stephenson mengatakan belum diketahui dari mana kapal itu berasal, tetapi banyak kapal penyelundup datang dari garis pantai Baha Meksiko.
 
"Para penyelundup, mereka tidak peduli dengan orang yang mereka eksploitasi. Yang mereka pedulikan hanyalah keuntungan bagi mereka. Orang-orang ini hanyalah komoditas. Jadi Anda dapat melihat bahwa cara mereka memperlakukan mereka, peralatan keselamatan yang tidak memadai, kapal yang sangat tidak lengkap dan memberi mereka minimal."

Melansir dari The Guardian, para petugas patroli di perbatasan sering melihat kapal panga di lepas San Diego, banyak yang dipenuhi sekitar 20 penumpang. Beberapa telah mendarat ratusan mil di utara perbatasan AS-Meksiko. Kematian memang tidak biasa, tapi bukannya tidak pernah terjadi sebelumnya.

Pada Kamis pekan lalu petugas perbatasan mencegat kapal jenis panga yang bepergian tanpa lampu navigasi 11 mil dari Point Loma dengan 21 orang di dalamnya, 15 pria dan enam wanita, mereka semua ditahan. Mereka semua adalah warga negara Meksiko yang masuk secara ilegal ke AS, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan. Dua orang di kapal itu, tersangka penyelundup, akan menghadapi tuntutan federal.

Patroli Perbatasan pada hari Jumat mengatakan pejabat penegak hukum akan meningkatkan operasi untuk mengganggu penyelundupan laut di lepas pantai San Diego akhir pekan ini. Saat cuaca hangat datang ke San Diego, sering dianggap sebagai tindakan penyelundupan yang lebih aman.

Baca Juga: Arkeolog Jatim Tunda Sementara Eksplorasi Kapal Van Der Wijck

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya